LEBIH DULU AYAM ATAU TELUR?

Sesungguhnya binatang bisa memberi pelajaran kepada manusia, meski seringkali kita tak menyadarinya. Dan memang begitu pulalah binatang-binatang diciptakan oleh Allah swt., yang salah satu tujuannya adalah untuk memberi pelajaran bagi manusia. Beberapa nama surat di dalam Al Quran yang menggunakan nama binatang seperti Al Baqarah (Sapi Betina), An-Nahl (Lebah), An-Naml (Semut), dan Al Ankabut (Laba-laba), juga puluhan ayat-ayat yang menyebutkan atau menjelaskan tentang binatang, sebagian besar mengarahkan agar manusia bisa mengambil pelajaran atau hikmah dari binatang-binatang tersebut; untuk selanjutnya memahami kemahakuasaan dan kemahakebesaran Allah swt.

Lebih Dulu Ayam atau Telur

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; Sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (Q.S. Al Anbiya 21: 64).

Inilah pertanyaan sederhana namun membuat seseorang mengernyitkan dahi saat hendak menjawabnya.Ya, lebih dulu ayam atau telur? Sejatinya, ayam berasal dari telur begitupun telur berasal dari ayam. Melalui beberapa penelitian, alhasil teka-teki ini sudah bisa dipecahkan oleh para ilmuwan. Menurut hasil riset tim ilmuwan dari Sheffield dan Warwick University di Inggris, ayam terlebih dulu ada daripada telur.

Bagaimana bisa? Penjelasan singkatnya begini, pada dasarnya bahan pembentuk cangkang atau kulit telur yaitu protein yang hanya dapat ditemukan dari indung telur ayam. Jadi, telur hanya ada apabila diproses di dalam tubuh ayam.

Bagaimana bisa para ilmuwan mengungkap teka-teki yang satu ini? Para ilmuwan tersebut menggunakan sebuah super komputer untuk memperbesar proses pembentukan sebutir telur. Penelitian tersebut membuktikan bahwa protein yang bernama ovocledidin-17 atau OC-17 berperan sebagai katalis untuk mempercepat pembentukan cangkang telur.

Dengan super komputer bernama HECToR yang berada di Edinburg, Skotlandia, para ilmuwan mengungkapkan bahwa OC-17 sangat penting dalam kristalisasi yang merupakan tahap awal pembentukan cangkang. Protein tersebut mengubah kalsium karbonat menjadi kristal keras yang menjadi bahan pembuat cangkang.

OC-17 mempercepat produksi cangkang telur dalam tubuh ayam sehingga dalam waktu 24 jam sebuah telur dapat segera dikeluarkan. Yang harus diingat dari hasil riset ini adalah bahwa telur tidak dapat diproduksi tanpa OC-17 yang terdapat dalam indung telur ayam.

Dapat ditarik kesimpulan bahwasannya ayamlah yang lebih dahulu ada daripada telur. Maha suci Allah, dzat yang telah menciptakan segala sesuatu dengan berbagai keistimewaan dan keunikan masing-masing.

[Sumber: Islampos]

7 PERAN SUAMI SAAT ISTRI HAMIL

MUAL, pusing, sakit, emosi buruk meningkat, hilangnya nafsu makan, dll. Itulah hal-hal yang sering dirasakan oleh wanita yang sedang mengandung benih generasi penegak umat, si kecil yang lucu dan sangat dinantikan kehadirannya.

7 Peran Suami Saat Istri hamil

Namun, wanita yang sedang hamil tidak akan merasakan semua itu sebagai sebuah penderitaan apabila mempunyai pasangan ideal yang bisa menjadi partner yang baik untuk istri dalam kondisi apapun dan ikut berperan dalam menjaga kondisi kesehatan si buah hati sejak dalam kandungan. Lalu apakah peran suami saat istri hamil?

Pertama, dengarkan keluhan istri. Dengan begitu, emosi buruk istri bisa berkurang dan mengurangi beban mental dan pikiran saat hamil. Karena jika ibu hamil memiliki emosi yang sangat buruk tentunya akan memengaruhi kepribadian dan pertumbuhan bayi yang dikandungnya.

Kedua, peluk, belai, dan temani istri. Kasih sayang yang diberikan suami akan menjadi obat yang paling berharga saat istri dalam kondisi gundah. Sesekali cium keningnya dan yakinkan istri bahwa masa sulit saat hamil pasti bisa ia lewati

Ketiga, hiburlah istri dengan candaan-candaan ringan yang romantis. Dengan begitu, istri tidak akan merasa jenuh dan urat-urat syaraf yang tegang akan mengendur.

Keempat, bantu istri melakukan pekerjaan rumah. Seperti mencuci, menyapu, dan pekerjaan-pekerjaan yang terhitung sulit dan membahayakan jika dilakukan oleh wanita hamil.

Kelima, jangan terlalu lama meninggalkan istri. Adakalapun suami sibuk bekerja, baiknya seringlah berkomunikasi dengan istri. Dengan seperti itu, istri akan merasa diperhatikan.

Keenam, ingatkan istri saat harus makan dan meminum susu. Bahkan bila perlu buatkanlah segelas susu untuk istri. Jangan lupa, suami juga harus mengingatkan istri bisa saatnya pergi ke dokter untuk memeriksa kandungan.

Ketujuh, ingatkan istri untuk membaca do’a-do’a dan ayat-ayat Al-Qur’an untuk menciptakan rohani dan psikologis yang baik untuk si buah hati.

[Sumber: Islampos]