7 KEAJAIBAN DUNIA YANG TERBENGKALAI

Warisan dari peradaban masa lalu yang dahsyat merupakan harta berharga, bahkan bisa menjadi sumber devisa bagi negara yang memilikinya. Sayang, tak semua warisan yang jadi keajaiban dunia tersebut bisa terawat dengan baik. Contohnya 7 daftar di bawah ini.

1. Banaue Rice Terraces di Filipina

Banaue Rice Terraces di Filipina

Dari gambar ini kelihatan luar biasa, ya, sawah irigasi kuno yang berumur 2000 tahun. Terletak di gunung Ifugao Filipina, terkenal dengan sebutan Banaue Rice Terraces. Tidak muluk-muluk, tapi Filipina merasa cukup puas seandainya Banaue Rice Terraces ditempatkan sebagai “Keajaiban Dunia ke Delapan”.

Diperkirakan, sawah yang ‘diukir’ di gunung Ifugo ini, dibuat dengan peralatan yang sangat tradisional oleh nenek moyang bangsa Filipin. Sawah petak ini berada di 1.500 meter di atas permukaan laut dan mengelilingi lereng gunung sejauh 10.360 kilometer persegi.

Yang luar biasa, nenek moyang sudah mengatur sedemikian rupa pengairan sawah yang berasal dari hutan yang berada atas persawahan itu. Penduduk setempat sampai hari ini masih menanam pati juga sayuran di sawah itu.

Erosi, merupakan salah satu ancaman bagi keberadaan sawah kuno ini. Karenanya, pemerintah juga warga sekitar sangat peduli hal ini, perawatan serta rekonstruksi dilakukan terus menerus, untuk menjaga kelestariannya.

2. Sigiriya di Sri Langka

Sigiriya di Sri Langka

Ini adalah sisa-sisa peninggalan istana kuno yang terletak di atas bukit batu. Sigiriya atau Batu Singa, begitu sebutannya. Terletak di Matale District, Sri Lanka, dikelilingi hutan, waduk, juga kebun. Letaknya yang unik, ditambah dengan pemandangan menakjubkan, membuat Sigiriya banyak dikunjungi wisatawan. Melihat dari udara, Sigiriya seperti lukisan kuno yang mengingatkan orang pada Ajanta Caves di India.

Sigiriya dibangun pada masas pemerintahan Raja Kassapa I yang memerintah dari 477-495 AD. Tempat ini adalah satu dari tujuh peninggalan kuno yang dimiliki Sri Langka. Diduga, Sirigiya didiami sejak masa pra-sejarah. Lalu, pada abad ke-5 BC, tempat ini dipakai sebagai biara.

3. Tower of Hercules di Spanyol

Tower of Hercules di Spanyol

Menara Hercules adalah mercu suar kuno peninggalan Romawi yang terletak di semenanjung, sekitar 2,4 kilometer (1,5 mil) dari pusat Corunna, Galicia, barat laut Spanyol. Nama Corunna berasal dari kolom kuno. Tinggi tower ini 55 meter menghadap pantai Atlantik Utara, Spanyol.

Mercusuar Hercules berusia 1900 tahun, peninggalan Romawi yang masih beroperasi hingga kini. Konon, usia tower ini sudah mencapai 1900 tahun, direhabilitasi tahun 1791. Ini adalah mercu suar peninggalan Romawi yang hingga kini masih difungsikan.

4. Toruń, Kota Kuno di Polandia Utara
Toruń, Kota Kuno di Polandia Utara

Toru adalah kota di Polandia utara, persisnya di Vistula River. Ini adalah kota kuno yang telah ada sejak 1100 BC yang sampai sekarang masih eksis. Kota ini adalah kota kelahiran Nicolaus Copernicus (Seorang astronom, matematikawan, dan ekonom. Teorinya yang terkenal adalah matahari sebagai pusat Tata Surya, menjungkirbalikkan teori geosentris tradisional —yang menempatkan Bumi di pusat alam semesta— dianggap sebagai salah satu penemuan yang terpenting sepanjang masa, dan merupakan titik mula fundamental bagi astronomi modern dan sains modern. Teori ini menimbulkan revolusi ilmiah)

Torun kota kuno di Polandia masih eksis hingga kini. Diduga kota ini sudah ada tahun 1100 BC

Toru menjadi cikal bakal pemukiman pertama di daerah itu, diperkirakan telah ada sejak 1100 BC. Kota itu berkembang pada abad pertengahan, yakni abad ke 7 hingga ke 13. Kemudian Kesatria Teutonic membangun benteng di sekitar pemukiman, antara tahun 1230-31. Pada 1263, biarawan Franciscan menetap di daerah itu mengikuti Dominika pada 1239.

Kota ini semakin berkembang dengan dibangunnya kota baru di dekat Toru. Kedua kota ini berkembang menjadi pusat perdagangan penting pada abad pertengahan.

5. Ajanta Caves di India

Ajanta Caves di India

Goa Ajanta di Maharashtra, salah satu dari banyak peninggalan kuno yang ada di India. Yang menakjubkan di goa ini banyak terdapat lukisan juga patung-patung Buddha bernilai seni tinggi. Diperkirakan, monumen-monumen yang ada dalam goa ini mulai digarap pada abad ke 2 BC.

Tapi goa di Ajanta ini kemudian ditinggalkan. Selama 1300 tahun goa ini terbengkalai, di bagian luar, belukar tumbuh tinggi, akhirnya menjadi hutan yang otomatis menyembunyikan keberadaan goa ini. Tidak ada yang pernah tahu bahwa di sana tersimpan ‘warisan dunia’ yang luar biasa. Sampai akhirnya pada musim semi tahun 1819 seorang perwira Inggris, tanpa sengaja memasuki ngarai yang curam.

Semakin dalam dia masuk ke sana, dan dia luar biasa kaget karena ia menemukan sebuah pintu tersembunyi di salah satu gua. Inilah kunjungan pertama manusia setelah ribuan tahun. Ketika ditemukan goa itu hanyalah ‘rumah’ burung dan kalelawar serta binatang lainnya. Kapten Smith kemudian melakukan eksplorasi pertama untuk mengetahui ‘isi’ dari goa misterius itu. Nama Kapten Smith ini diketahui, karena yang bersangkutan menuliskan namanya pada dinding goa dan tahun kedatangannya. Ia menulis, “Kapten Smith, April 1819”.

6. Lembah Bunga di Himalaya

Lembah Bunga di Himalaya

Lembah Bunga adalah lembah yang berada di ketinggian Himalaya. Para pendaki juga ahli botani menggambarkan lembah itu luar biasa indah, sudah ada sejak lebih dari seabad lebih, bahkan dalam mitologi Hindu, penggambaran keberadaan lembah ini sudah ada sejak jaman dahulu kala.

Hamparan yang lembut, padang rumput di selingi bunga-bungaan warna warni, sangat indah dan nyaris menyesakkan nafas memandangnya. Lembah bunga yang indah semakin lengkap dengan adanya background gunung dan hutan. Lembah bunga ini dinyatakan taman nasional (Nanda Devi National Park) pada 1982. Masyarakat setempat mengetahui keberadaan lembah bunga ini, mereka meyakini bahwa tempat itu dihuni oleh kawanan peri.

7. Metéora, Yunani

Metéora, Yunani

Bagaimana bisa sebuah kastil bisa berdiri di puncak gunung batu. Terbayangkan betapa sulitnya pembangunan castle ini, padahal usianya sudah ratusan tahun. Ini adalah kompleks biara-biara ortodoks Timur paling besar dan paling penting di Yunani. Persisnya, biara-biara ini dibangun di puncak gunung batu Athos.

Ada enam biara di kompleks ini. Persisnya berada di kawasan Thessaly, dekat sunagi Pineios, pinggir baratlaut Yunani Tengah. Yang cuku menarik adalah akses menuju biara yang sangat sulit. Konon, dulunya untuk mencapai biara digunakan tanggap panjang atau semacam jala yang dipakai untuk menaikkan dan menurunkan barang, termasuk manusia. Dibutuhkan kekuatan iman untuk bisa mencapai biara ini

BAHAYA KESEHATAN YANG MENGINTAI DI BALIK NIKMATNYA MIE INSTAN

Mi instan sudah menjadi makanan yang umum di Indonesia, terutama bagi anak kos. Cara masak yang mudah dan rasa yang nikmat membuat makanan cepat saji ini digemari banyak orang. Tapi jangan keseringan, karena ada bahaya kesehatan yang mengintai di balik nikmatnya semangkuk mi instan.

Mie Instan
Mi instan memang bisa meredam rasa lapar, tapi makanan cepat saji ini tidak bisa menggantikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Ditambah lagi dengan bumbu buatan dan pengawet kimia, yang semakin membahayakan kesehatan tubuh.

Berikut beberapa bahaya kesehatan yang mengancam bila Anda terlalu sering makan mi instan, seperti dilansir Boldsky:

1. Terganggunya penyerapan nutrisi
Mi instan dapat menghambat kemampuan anak di bawah 5 tahun untuk menyerap nutrisi. Setelah sering mengonsumsi mi instan, banyak anak-anak balita mengalami kesulitan menyerap nutrisi dari makanan yang tepat.

2. Kanker
Selain dengan bungkus plastik, ada juga mi instan yang dikemas dengan bungkus yang mengandung styrofoam dan bisa langsung diseduh. Padahal styrofoam dikenal sebagai agen penyebab kanker.

3. Keguguran
Sejumlah wanita hamil yang makan mi instan selama kehamilan mengalami keguguran. Hal ini karena kandungan bumbu dan pengawet pada mi instan dapat mempengaruhi perkembangan janin.

4. Gangguan metabolisme
Konsumsi mi instan jangka panjang dapat mempengaruhi metabolisme tubuh. Hal ini disebabkan akumulasi dari zat-zat kimia beracun seperti pewarna makanan, pengawet dan aditif dalam mi.

5. Kerusakan organ
Mi instan mengandung propylene glycol, bahan anti-beku yang mencegah mi dari pengeringan dengan mempertahankan kelembaban. Tubuh menyerap zat tersebut dengan mudah dan terakumulasi di jantung, hati dan ginjal. Hal ini menyebabkan kerusakan dan kelainan organ, dan juga melemahkan sistem kekebalan tubuh.

6. Gangguan pencernaan
Mi instan dapat mengganggu sistem pencernaan. Konsumsi lanjutan dari mi instan mengakibatkan kembung, sembelit atau tidak teraturnya gerakan usus.

7. Obesitas
Mi instan adalah salah satu penyebab utama obesitas. Hindari mi instan karena mengandung sejumlah besar lemak dan natrium yang menyebabkan retensi air dalam tubuh.

8. MSG
Monosodium glutamate (MSG) digunakan untuk meningkatkan rasa mi. Sekitar 1-2 persen dari populasi alergi terhadap MSG. Ketika orang-orang yang alergi terhadap MSG mengonsumsinya, maka akan dapat menyebabkan rasa terbakar, panas di dada, kemerahan pada wajah, atau nyeri dan sakit kepala.

9. Tinggi natrium
Mi instan juga mengandung jumlah natrium yang tinggi. Kelebihan konsumsi natrium bisa menyebabkan hipertensi, penyakit jantung, stroke dan kerusakan ginjal. Jadi, hindari konsumsi mi instan berlebihan.

10. Junk food
Mi instan hanya dapat dianggap sebagai junk food dan tidak pernah menggantikan makanan bernutrisi. Hal ini karena mengandung sejumlah besar karbohidrat tetapi tidak ada vitamin, mineral atau serat. Mi instan juga mengandung banyak lemak jenuh dan lemak trans. Ini padat kalori dan memberikan efek negatif pada kesehatan.

7 BENTUK DANAU PALING UNIK DI DUNIA

Mengapa kami katakan Danau dibawah ini dibilang unik? karena kemiripannya dengan sesuatu jika danau tersebut dilihat dari atas. Berikut adalah gambar danau-danau terunik:

Danau Schulensmeer, Belgia

Danau Schulensmeer

Danau cinta, Korea

Danau cinta

Danau Pisces

Danau Pisces

Danau Huruf A

Danau Huruf A

Danau yang barada di India

Danau yang barada di India

Danau Tapal Kuda

Danau Tapal Kuda

Danau Cincin, Kanada

Danau Cincin

Seperti itulah gambar dari 7 Bentuk Danau Paling Unik di Dunia yang sempat kami bagikan kali ini. Semoga postingan kali ini dapat menambah informasi untuk sobat semuanya.

INSPIRASI: GARAM DAN TELAGA

Suatu ketika, hiduplah seorang tua yang bijak. Pada suatu pagi, datanglah seorang anak muda yang sedang dirundung banyak masalah. Langkahnya gontai dan air muka yang ruwet. Tamu itu, memang tampak seperti orang yang tak bahagia.

Inspirasi : Garam Dan Telaga

Tanpa membuang waktu, orang itu menceritakan semua masalahnya. Pak Tua yang bijak, hanya mendengarkannya dengan seksama. Ia lalu mengambil segenggam garam, dan meminta tamunya untuk mengambil segelas air.Ditaburkannya garam itu kedalam gelas, lalu diaduknya perlahan. "Coba, minum ini, dan katakan bagaimana rasanya..", ujar Pak tua itu.

"Pahit. Pahit sekali", jawab sang tamu, sambil meludah ke samping.

Pak Tua itu, sedikit tersenyum. Ia, lalu mengajaktamunya ini, untuk berjalan ke tepi telaga di dalamhutan dekat tempat tinggalnya. Kedua orang ituberjalan berdampingan, dan akhirnya sampailah merekake tepi telaga yang tenang itu.

Pak Tua itu, lalu kembali menaburkan segenggam garam,

ke dalam telaga itu. Dengan sepotong kayu, dibuatnya

gelombang mengaduk-aduk dan tercipta riak air,

mengusik ketenangan telaga itu. "Coba, ambil air dari

telaga ini, dan minumlah. Saat tamu itu selesai

mereguk air itu, Pak Tua berkata lagi, "Bagaimana

rasanya?".

"Segar.", sahut tamunya.

"Apakah kamu merasakan garam di dalam air itu?", tanya Pak Tua lagi.

"Tidak", jawab si anak muda.

Dengan bijak, Pak Tua itu menepuk-nepuk punggung si anak muda. Ia lalu mengajaknya duduk berhadapan,bersimpuh di samping telaga itu. "Anak muda,dengarlah. Pahitnya kehidupan, adalah layaknyasegenggam garam, tak lebih dan tak kurang. Jumlah dan rasa pahit itu adalah sama, dan memang akan tetapsama.

"Tapi, kepahitan yang kita rasakan, akan sangat tergantung dari wadah yang kita miliki. Kepahitan itu,akan didasarkan dari perasaan tempat kita meletakkan segalanya. Itu semua akan tergantung pada hati kita.Jadi, saat kamu merasakan kepahitan dan kegagalan dalam hidup, hanya ada satu hal yang bisa kamu lakukan. Lapangkanlah dadamu menerima semuanya. Luaskanlah hatimu untuk menampung setiap kepahitanitu."

Pak Tua itu lalu kembali memberikan nasehat. "Hatimu,adalah wadah itu. Perasaanmu adalah tempat itu.Kalbumu, adalah tempat kamu menampung segalanya. Jadi,jangan jadikan hatimu itu seperti gelas, buatlah laksana telaga yang mampu meredam setiap kepahitan itu dan merubahnya menjadi kesegaran dan kebahagiaan."

Keduanya lalu beranjak pulang. Mereka sama-sama belajar hari itu. Dan Pak Tua, si orang bijak itu,kembali menyimpan "segenggam garam", untuk anak muda yang lain, yang sering datang padanya membawa keresahan jiwa.

7 DASAR PENUNJANG KARIR YANG HARUS DIMILIKI

Pengembangan kemampuan seseorang dalam bekerja sangat menentukan dalam pencapaian karir. Menurut Kepala Eksekutif perusahaan tenaga kerja Beyond, Rich Milgram, bukan cuma keahlian teknis yang dibutuhkan perusahaan-perusahaan besar.

"Yang terpenting adalah pola pikir dan penguasaan Anda terhadap teknologi, bisa bekerja dalam tim serta kemampuan menciptakan teknologi yang aplikatif," kata dia seperti dikutip dari Yahoonews.

Penunjang Karir

Milgram mendata beberapa kemampuan penting yang harus dikuasai dalam meniti karir. 7 hal ini bakal menjadi materi sesi wawancara untuk para pencari kerja.

1. Berpikir kritis. Anda dituntut untuk menggunakan logika dan mengetahui apa yang menjadi kelemahan atau kekuatan dalam mencari solusi.

2. Memecahkan masalah yang rumit. Dalam hal ini, Anda harus memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi masalah dan mencari hal-hal yang relevan untuk memecahkannya.

3. Mengambil keputusan. Skill yang dibutuhkan untuk poin ini adalah menganalisa seberapa besar biaya untuk satu hal dan membandingkannya dengan keuntungan yang akan diperoleh. Dengan analisa tersebut, Anda diharapkan membuat keputusan yang tepat.

4. Kemampuan menyimak secara aktif. Dalam kerja tim, Anda harus bisa mendengarkan pendapat rekan kerja dan menganalisa poin-poin pentingnya. Sesekali Anda harus bertanya tanpa memotong pembicaraan orang lain.

5. Pengetahuan komputer dan alat-alat elektronik. Di jaman modern, semua kantor menggunakan komputer dan alat-alat elektronik canggih. Untuk itu, Anda minimal mengenal cara kerja circuit boards, prosesor, perangkat keras komputer serta aplikasi-aplikasi perkantoran.

6. Matematika. Anda boleh membenci pelajaran ini di sekolah. Namun di dunia kerja Anda pasti bersinggungan dengan aritmatika, aljabar, geometri, kalkulus, statistik serta semua aplikasinya.

7. Sales dan pemasaran. Meski tidak melamar untuk posisi ini, Anda dituntut untuk mengetahui cara kerja tenaga pemasaran. Sebab, apapun produk yang Anda hasilkan, tenaga marketing sangat berperan untuk mengubahnya menjadi uang.

3 CARA RAHASIA MEMPERTAHANKAN HUBUNGAN CINTA LDR

LDR, sebuah hubungan yang menjadi momok bagi banyak pasangan. Konon, banyak sekali hubungan cinta jarak jauh tak akan pernah berhasil. Mitos atau fakta?

Mempertahankan Hubungan Cinta LDR

Coba deh kita perhatikan. Jaman dulu, saat kakek nenek atau ayah ibu kita masih pacaran, jangankan Skype, ponsel saja tidak punya. Dan tak sedikit di antara mereka yang pacaran jarak jauh namun bisa bertahan, padahal hanya berbekal sepucuk surat cinta yang saling berbalasan.

Setidaknya hal itu membuktikan bahwa bukan LDR yang membuat hubungan cinta gagal, melainkan lebih kepada bagaimana gaya bercinta orang jaman sekarang. Tahu nggak sih, apa yang membuat hubungan cinta LDR bisa bertahan sebenarnya? Ini lho 3 rahasia penting yang perlu Anda tahu.

Ingatlah Pertama Kali Anda Saling Jatuh Cinta

Mencintai itu bukan setelah lama berhubungan kemudian bosan seperti menggunakan barang. Atau ketika sedang jauh kemudian lupa dengan yang lama dan beralih ke yang baru. It's a childish way to love.

Coba ingatlah bagaimana awal cinta bersemi di antara Anda dan pasangan, hal tersebut biasanya bisa membuat bara cinta tetap menyala dalam kehidupan Anda dan dia. Memangnya bisa cuma dengan cara mengingat-ingat masa lalu? Nggak basi?

Coba deh perhatikan ketika teman Anda bertanya bagaimana awal kisah cinta Anda dan pasangan. Anda pasti menceritakannya dari hati dan bisa merasakan kebahagiaan cinta itu meski hari-hari sudah lama berlalu. Coba bicarakan kenangan manis hingga bodoh bersama pasangan, agar membuat Anda dan dia tetap (atau makin) mesra.

Tataplah, Sentuhlah dan Bicara Dengan Lembut

Karena Anda dan dia tak banyak bertemu, maka Anda akan merasakan betapa berharganya setiap waktu dan kenangan yang Anda lalui bersama pasangan. Saat Anda dan pasangan sedang bersama, berilah dia sentuhan, tatapan dan kata cinta yang disampaikan dengan lembut.

Kekuatan sentuhan itu begitu luar biasa dalam hubungan antara Anda dan pasangan, sebagaimana sentuhan bisa menguatkan hubungan yang sempurna antara ibu dan bayi. Saat Anda sedang dalam kondisi penuh tekanan dan stres bersama pasangan dalam jarak jauh, jangan cepat menyerah.

Ambillah sedikit waktu dan ajaklah ia bicara dengan nada serta kata-kata yang lembut. Kebiasaan semacam ini bisa membuat Anda bertahan meski jarak memisahkan.

Membicarakan Masalah

Yang membuat Anda dan dia tak bisa menyelesaikan masalah bukan hanya perbedaan, melainkan keengganan. Ketika masalah sudah hadir di tengah-tengah pasangan, kebanyakan dari mereka seringkali ogah-ogahan dalam membahas masalah dan menemukan solusi. Akhirnya mereka akan cenderung saling menghindar dan hubungan tersebut akan terasa kaku.

Kebiasaan ini tak akan pernah menjernihkan hubungan Anda dan dia. Buatlah komitmen satu sama lain untuk mau menyelesaikan masalah, bukan memenangkan masalah. Bicarakan solusi, redamlah emosi.

Cinta LDR

Bijaklah dalam menghadapi masalah cinta, jangan cuma mempertahankan ego semata. Jadikanlah momen ini menjadi kesempatan untuk sama-sama belajar dewasa dalam menjalani cinta.

LDR bukanlah sebuah hubungan yang penuh mitos seakan tidak akan pernah bisa survive. Keputusan untuk mempertahankan hubungan itu ada di tangan Anda dan pasangan.

10 KATA YANG TIDAK BOLEH ANDA KATAKAN PADA PASANGAN

Dengan siapapun itu, kita tentu berusaha menjaga agar mulut kita tak menyakiti orang lain. Apalagi dengan pasangan kita sendiri.

Pasangan Suami Istri

Seringkali kita memang mudah tersulut oleh emosi dan kita kan saling tunjuk ke wajah orang yang kita sayangi. Well, semarah apapun kita, hindari deh menggunakan beberapa kata di bawah ini.

1. Tidak Pernah

"Kamu tidak pernah mengerti aku!" Wah, ini nih yang bahaya banget. Ketika Anda mengatakan tidak pernah, seolah tak sekalipun dia pernah melakukan kebaikan bagi Anda.

2. Selalu

Ini adalah kata yang sama ngerinya dengan kata 'tidak pernah'. Karena kata 'selalu' biasanya digunakan untuk menekankan pada kesalahannya.

3. Benci

Ketika Anda mengatakan benci, baginya seolah tak ada lagi cinta yang tersisa. Memang mungkin Anda sedang dilanda emosi, namun sekaligus Anda menyakiti hati pasangan Anda.

4. Gemuk

Bagi beberapa orang, menyinggung bentuk tubuh adalah hal yang sensitif. Mengatakan hal ini pada mereka akan merusak dua hal, hubungan Anda dengannya dan kepercayaan diri orang tersebut.

5. Bodoh

Mengucapkan kata 'bodoh' dan semacamnya, rupanya bukan ide yang bagus bahkan dalam bercanda. Tidak setiap saat orang bisa memahami hal tersebut. Kalau mereka memang bodoh, tak mungkin Anda menerimanya di sisi Anda sekarang bukan?

6. Malas

Jangan katakan ini pada pasangan. Bukannya membuat mereka termotivasi, malah membuat mereka tidak simpati pada Anda.

7. Dia Meniru Itu Darimu (Khusus untuk yang sudah memiliki anak)

Bila anak Anda nakal dan membuat Anda emosi, jangan sampai Anda menuduh sifatnya adalah turunan dari pasangan Anda. Hal itu teramat menyakitkan, seolah Anda menyesali apa yang Anda miliki saat ini (pasangan dan anak Anda).

8. Jelek

Saat pasangan Anda memberi Anda sesuatu atau memasakkan namun tidak sesuai dengan keinginan Anda, hindari untuk memberikan respon yang negatif. Terima kasih adalah kata yang cukup untuk membuatnya merasa lega.

9. Itu bukan masalahku

Hey, Anda dan dia adalah pasangan, bukan? Maka adalah tugas Anda untuk saling membantu sama lain. Bila Anda merasa tahu tentang cinta dan mengaku partner sejatinya, statement ini tidak bijak untuk dikatakan pada pasangan Anda.

10. Mantanku dulu...

biarlah setiap orang memiliki masa lalu. Tak perlu mengungkit tentang mantan kekasih Anda di masa lalu pada pasangan Anda sekarang. Cukup menyakitkan bagi mereka mengetahui apa yang bisa dilakukan mantan Anda dan tak isa dilakukan olehnya.

GEJALA KANKER YANG BISA DILIHAT LEWAT KUKU

Seorang wanita bisa menghabiskan berjam-jam untuk sekedar melakukan manicure atau pedicure di salon. Dan memotong kuku sesuka hati serta memulas warna warni cat di atasnya.

Kondisi Kesehatan Lewat Warna Kuku

Bahkan, bila tidak merasa puas, maka kuku palsu bisa dipasang sehingga jemari jadi lebih lentik saat hendak pergi ke suatu perhelatan. Dianggap sepele, ternyata kuku yang selama tumbuh sehat karena asupan protein dan kalsium ini memberikan manfaat lebih ketimbang sekedar menempel di jemari saja. Kalau diperhatikan lagi, warna kuku terkadang berubah-ubah. Dan perubahan warna tersebut ada kaitannya dengan kondisi kesehatan tubuh Anda.

Seperti dilansir Shape.com, ada beberapa petunjuk kesehatan yang dapat diketahui hanya dengan melihat warna kuku saja. Nah, kalau begitu coba hapus cat kuku Anda dan amati bagaimana warnanya.

Kuku yang pucat

Kuku yang pucat biasanya agak kebiruan dan warnanya tidak semerona biasanya. Hal ini menunjukkan bahwa Anda mungkin sedang mengalami anemia, kekurangan zat besi atau sedang membutuhkan oksigen yang lebih.

Apabila Anda mengalami hal ini, disarankan agar Anda mengonsumsi aneka makanan yang mengandung zat besi tinggi. Perbanyak asupan sayuran hijau, kacang-kacangan, serta daging merah.

Selain itu, apabila warna pucatnya bertahan lebih lama, maka bisa jadi ini merupakan pertanda Anda menderita diabetes atau penyakit lever. Untuk memastikan kondisi Anda, check kesehatan ke dokter saja, terutama jika ada gejala-gejala lain yang muncul juga.

Menebal dan kekuningan

Kuku yang penampilannya seperti ini tentu saja tidak cantik kan. Dan umumnya kuku kaki yang seringkali terlihat kekuningan dan tebal. Menurut Dr. Agarwal, penebalan serta perubahan warna kuku yang kekuningan menunjukkan adanya infeksi jamur pada kaki. Infeksi jamur ini bisa disembuhkan dengan mengonsumsi obat tertentu, yang bisa Anda konsultasikan dengan dokter kulit.

Kuku yang menghitam

Tiba-tiba muncul seperti noda hitam di kuku yang tak bisa hilang dan seperti muncul dari dalam. Hati-hati apabila Anda mengalami hal ini. Warna kehitaman bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami melanoma .

Pun demikian, Anda harus benar-benar melakukan pemeriksaan intens. Karena menghitamnya kuku juga bisa disebabkan karena jatuh atau terhantam benda tumpul dengan keras.

Kuku yang permukaannya tidak rata

Apakah Anda pernah menemukan kuku yang permukaannya tidak rata, dan bahkan parahnya seperti kulit jeruk yang berpori dan berlubang-lubang? Kondisi kuku yang sedang stres ini bisa berarti gejala psoriasis yang membuat kuku terhambat pertumbuhannya dan merusak penampilan kuku.

Umumnya, kuku yang terserang psoriasis pertumbuhannya sangat lama.

Kuku yang tipis dan mudah patah

Jangan sepelekan kuku yang terlalu tipis dan mudah patah. Hal ini bisa jadi menunjukkan bahwa Anda kekurangan hormon thyroid. Biasanya gejala ini juga dibarengi dengan kerontokan rambut yang cukup parah.

Kuku yang bergaris-garis putih

Ada garis tipis-tipis berwarna putih yang horizontal pada kuku. Dan ia tidak pernah hilang, justru semakin lama semakin kentara. Kondisi ini menunjukkan tubuh sedang kekurangan protein, ada problem pada liver, kurang nutrisi atau bahkan menunjukkan ada gangguan pada ginjal.

Umumnya, hal ini terjadi selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan dan menghilang dengan sendirinya.

Kuku yang membiru

Berbeda dengan saat pucat saja, kuku yang membiru ini merata dan birunya lebih gelap. Tidak mudah menghilang dan jemari tidak terasa dingin. Hal ini terjadi saat tubuh kekurangan oksigen atau ada gangguan pada pernafasan. Bisa juga terjadi saat peredaran darah sekitar area tangan kurang lancar atau terikat terlalu lama pada sebuah benda yang menyebabkan oksigen terhenti.

Apabila kondisi ini dibiarkan begitu saja, maka perlahan sel-sel di dalam jaringan tersebut akan rusak.

5 PASANGAN YANG MENGHILANG SECARA MISTERIUS

Misteri di dunia ini serasa tanpa ada hentinya. Ada saja yang membuat orang penasaran dan bertanya-tanya. Mulai dari jaman dinosaurus, punahnya dinosaurus, apa saja menimbulkan tanya tanpa akhir dan memunculkan tanya-tanya baru.

Pasangan Yang Menghilang Secara Misterius

Dan di antara semua misteri itu, ada sebuah misteri tersisip yang kabarnya hingga kini juga belum terpecahkan. Dilaporkan bahwa ada lima pasangan di dunia yang tiba-tiba hilang tanpa jejak. Kasus mereka cukup menggemparkan media massa dan dilirik masyarakat.

Inilah kelima pasangan yang menghilang secara misterius

Michael Sullivan dan Camden Sylvia

Michael Sullivan dan Camden Sylvia tinggal di sebuah apartemen bersama di Manhattan. Mereka kemudian pergi jogging di sebuah sore, 7 November 1997. Dan hari itulah terakhir kedua orang itu terlihat.

Kasak kusuk menyebutkan bahwa Robert Rodriguez yang dicurigai sedang bermasalah dengan Michael. Robert sendiri adalah pemilik apartment di mana Michael dan Camden tinggal. Ia bermaksud menaikkan uang sewa apartment, namun para penghuni menolak karena beberapa masalah yang muncul di sana.

Michael termasuk salah satu yang tidak setuju dan mengirimkan petisi pada Robert. Dan ia kemudian tiba-tiba menghilang tanpa jejak.

Robert kemudian ikut menghilang selama dua minggu setelah Michael dilaporkan hilang. Tak lama iapun ditemukan dan dipenjara karena problem pajak. Karena tak ada bukti yang kuat, Robert tak pernah terkena tuduhan pembunuhan atas Michael dan Camden. Robert sendiri tak pernah mengakui tindakan kriminalnya, sehingga hingga saat ini tak ada yang tahu di mana Michael dan Camden berada.

Glen dan Bessie Hyde

Glen dan Bessie adalah pengantin baru yang sedang merayakan bulan madu dengan rafting dan mendaki di sekitar gunung Colorado pada Oktober 1928. 15 November, mereka sengaja mampir ke rumah Emory Kolb untuk merestock kembali supplynya sehingga mereka bisa kembali rafting dan naik ke gunung. Namun, kemudian mereka menghilang.

Bulan Desember, petugas penyelamat menemukan perahu pasangan tersebut sedang tersangkut di sebuah sungai. Di dalamnya terdapat supply yang isinya masih lengkap, namun tak ada tanda-tanda pemiliknya.

Diduga keduanya tenggelam atau tersesat di dalam hutan saat mendaki dan kemudian mati. Seiring dengan berita hilangnya pasangan tersebut, muncul berbagai cerita dan versi yang berbeda. Ada wanita yang mengaku sebagai Bessie dan bercerita bahwa ia telah menusuk suaminya, ada pula yang bilang bahwa temannya Emory Kolblah yang telah membunuh keduanya.

Pun demikian, cerita mereka tak pernah terbukti. Tak ada yang tahu ke mana hilangnya pasangan pengantin baru tersebut.

Edward dan Stephania Andrews

Edward dan Stephania adalah pasangan berusia 60an yang sedang mengikuti sebuah pesta di malam 15 Mei 1970. Edward kemudian mengajak istrinya pulang karena ia mengeluh sakit. Demikian akhirnya para tamu mengetahui bahwa Edward pulang dengan dibimbing manajer hotel Sheraton, tempat pesta dihelat, ke parkiran hotel.

Stephania terus menangis dan memohon agar suaminya tidak menyetir pulang. Namun Edward terus memaksa diri dan akhirnya membawa istrinya pulang.

Dikabarkan bahwa mobil mereka ditemukan mengapung di sebuah sungai, tanpa ada tanda-tanda pasangan tersebut. Sebuah spekulasi mengatakan bahwa mereka mungkin telah diculik dan dibunuh oleh sebuah anggota gang, dan mobilnya dibuang ke sungai.

Sebenarnya tak ada yang tahu ke mana mereka pergi, dan apa yang menimpa mereka malam itu. Misteri ini tetap menjadi pertanyaan bagi banyak orang dan begitu juga keluarganya.

Christopher Mittendorf dan Kristina Branum

Keduanya adalah pasangan muda yang belum menikah dan sedang menginap di rumah orang tua Christopher untuk berbelanja. Sehari kemudian mereka kembali ke apartemen dan meninggalkan barang belanjaan di atas tempat tidur.

Pasangan tersebut menghilang tanpa jejak dan pesan. Lima hari kemudian, mobil mereka ditemukan di sebuah pedesaan, dengan kondisi kosong dan beberapa barang ditinggal di sana. Seorang saksi mengatakan bahwa mereka meninggalkan mobilnya untuk berpindah ke mobil lain.

Diduga bahwa mobil yang membawa mereka pergi adalah mobil milik George Baugus, seorang kriminal yang dikenal kejam. Ibu Chris menduga bahwa Chris telah melakukan kesalahan pada Baugus sehingga keduanya kemudian dijadikan target kriminal Baugus.

Karena tak cukup bukti dan saksi, Baugus bebas.

Iapun kemudian meregang nyawa di tangan istrinya pada 2010. Dan hingga kini, keberadaan Christopher dan Kristina tak diketahui kejelasannya.

Claude Shelton dan Martha Sue

Claude Shelton dan Martha Sue adalah pasangan yang dikaruniai tiga orang anak dan tinggal di sebuah trailer. Pada malam 21 Mei 1971, keduanya menidurkan anak mereka dan kemudian melakukan perjalanan malam. Namun, hari itu adalah hari terakhir mereka terlihat.

Para tetangga percaya bahwa mereka tidak mungkin tega meninggalkan anak mereka sendirian. Sedangkan bukti menunjukkan bahwa tempat penyimpanan uang dan uang sejumlah 6 juta rupiah raib bersama hilangnya pasangan tersebut.

Dua bulan setelah pasangan tersebut hilang, sosok mayat ditemukan dan dicurigai sebagai Martha Sue. Tes DNA tidak dapat membuktikan bahwa ia adalah Martha Sue. Dan hilangnya pasangan tersebut berlanjut menjadi misteri yang tak pernah terjawab hingga sekarang.

DITEMUKAN BATU TERTUA DI BUMI BERUMUR 4,28 MILIAR TAHUN

Para ilmuwan telah menemukan batuan yang hingga saat ini diyakini sebagai batu tertua di Bumi. Usianya yang mencapai 4,28 miliar tahun membuat batu itu lebih tua 250 juta tahun dibanding batu-batu tua yang ditemukan sebelumnya.

Batu Tertua di Bumi

Menurut perhitungan ilmiah, Bumi terbentuk sekitar 4,6 miliar tahun lalu dari piringan debu dan gas yang mengelilingi Matahari. Namun sisa-sisa dari bongkahan batu Bumi yang asli amat sulit ditemukan karena sebagian besar materinya terdaur ulang oleh perut Bumi akibat gerakan lempeng tektonik yang terus-menerus mengubah permukaan Bumi.

Pada 2001, para ahli geologi menemukan lempengan batu yang dikenal sebagai sabuk hijau Nuvvuagittuq di pesisir timur Hudson Bay, Quebec utara. Menduga bahwa batu-batu di sana mungkin berasal dari periode awal terbentuknya Bumi, para pekerja geologi menelitinya untuk menentukan usianya.

Mereka mengukur variasi-variasi kecil isotop dari elemen langka Bumi, neodymium dan samarium dalam batuan itu dan memastikan bahwa batuan itu berusia 3,8 hingga 4,28 miliar tahun.

Batu Tertua di Bumi

Batu Tertua di Bumi

Umur tertua, berasal dari batu yang disebut "faux amphibolite", diyakini sebagai endapan vulkanis kuno. Batu ini mengalahkan batu yang dianggap tertua sebelumnya, dengan usia 4,03 miliar tahun dan berasal dari formasi yang disebut Acasta Gneiss, Wilayah barat laut Kanada.

Batu Tertua di Bumi

Satu-satunya materi awal yang lebih tua dibanding batu Nuvvuagittuq adalah zircon dari butiran mineral terisolisasi yang tahan terhadap cuaca dan proses geologi. Zircon tertua dari butiran-butiran di Australia Barat usianya sekitar 4,36 miliar tahun.