AJAIB! OLIVIA LAHIR TANPA DARAH



Seorang bayi berusia enam bulan bernama Olivia lahir tanpa darah. dengan kulit putih yang sepenuhnya pucat. Kondisi bayi yang lahir di sebuah rumah sakit di Chelmsford, Inggris ini mengundang tanya para dokter.

Tim dokter heran karena di tubuh bayi itu hanya terdapat sedikit hemoglobin, yakni zat kimia yang membawa oksigen dalam sel merah. Sementara yang ada di dalam tubuh Olivia saat ini tidak dapat digolongkan sebagai darah.

Menurut tim dokter, saat proses melahirkan, darah tersebut langsung mengalir kembali ke peredaran darah sang Ibu. Itu adalah peritiwa yang jarang terjadi. 

Setelah lahir Olivia sempat mengalami kondisi buruk karena jantung berdetak sangat lemah sehingga sulit bernafas. Beruntung dia berhasil diselamatkan dalam waktu kurang dari dua jam, berkat transfusi darurat yang mengubah kulitnya menjadi berwarna merah muda.

Sang Ibu yang bernama Louise Bearman sangat terkejut melihat kondisi bayinya yang tidak seperti bayi lainnya. 

"Olivia adalah bayi pertama saya. Saya tidak berharap apa-apa padanya, tapi tidak pernah terlintas dibenak saya kalau dia akan memiliki warna kulit putih yang pucat," ujar wanita yang berusia 31 tahun itu, seperti dikutip Daily Mail, Selasa (3/4/2012).

Bearman dan suaminya Paul Norton, teringat bahwa Olivia sempat berhenti menendang pada enam minggu sebelum dia dijadwalkan lahir. Setelah tiga hari tanpa gerakan di dalam kandungan, mereka pergi ke Broomfield Hospital di Chelmsford. 

Akhirnya dokter memutuskan bahwa proses melahirkan dilakukan dengan cara operasi cesar. Ternyata olivia yang lahir dengan berat kurang dari tiga kilogram ini, memiliki kadar hemoglobin dalam darahnya hanya 1 banding 6 dengan bayi normal lainnya. 

Proses melahirkan itu mengalami perdarahan fetomaternal (fetomaternal haemorrhage) atau pelepasan tali plasenta secara alami. Itu terjadi pada satu dari 5.000 kehamilan pada ibu, yang terkadang terjadi akibat trauma.