10 BAHASA PALING TERPOPULER DI DUNIA


Bahasa merupakan sarana penghubung komunikasi antarmanusia. Tapi bahasa apa saja yang paling populer?

Berikut adalah 10 Bahasa Paling Terpopuler di Dunia seperti dilansir ListVerse:

1. Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin

Jumlah pengguna bahasa Mandarin berkisar satu miliar orang. Tak heran karena jumlah warga China pun sangat banyak.

2. Bahasa Inggris

Bahasa Inggris

Tidak mengherankan kalau bahasa Inggris menduduki urutan kedua, karena bahasa ini resmi menjadi bahasa internasional dan juga jadi bahasa kedua di beberapa negara.

Banyak pula negara menggunakan bahasa utama di tempat mereka. Ada sekitar 508 juta orang yang menggunakan bahasa ini.

3. Bahasa Hindustan

Bahasa Hindustan

Jumlah orang yang menggunakan bahasa ini adalah sekitar 497 juta. Tidak mengherankan pula, karena India, yang menggunakan bahasa Hindustan sebagai bahasa resmi, memiliki jumlah populasi cukup besar.

4. Bahasa Spanyol

Bahasa Spanyol

Ada 392 juta orang menggunakan bahasa ini. Hal ini bukan karena faktor jumlah penduduk Spanyol, melainkan pada banyaknya negara jajahan mereka, termasuk beberapa negara di Amerika Latin, yang turut menggunakan bahasa Spanyol.

5. Bahasa Rusia

Bahasa Rusia

Setelah Uni Soviet pecah, banyak muncul negara baru di bekas wilayah tersebut, yang tentunya masih menggunakan bahasa Rusia sebagai bahasa ibu.

Diperkirakan ada 277 juta orang yang berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Rusia.

6. Bahasa Arab

Bahasa Arab


Ada sekitar 246 juta orang yang menggunakan bahasa Arab. Bahasa Arab pun merupakan salah satu bahasa tertua yang ada di muka Bumi. Banyak negara di wilayah Timur Tengah dan Jazirah Arab yang menggunakan bahasa ini.

7. Bahasa Bengali

Bahasa Bengali

Tercatat ada sekitar 211 juta orang yang menggunakan bahasa Bengali yang digunakan di Bangladesh.

8. Bahasa Portugis

Bahasa Portugis


Sekitar 191 juta orang berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Portugis. Tidak mengherankan pula, Portugal dikenal merupakan 'bangsa petualangan'. Negara jajahannya bertebaran, yang tentunya turut menggunakan bahasa Portugis.

9. Bahasa Melayu-Indonesia

Bahasa Melayu-Indonesia

Jumlah orang yang menggunakan bahasa Melayu-Indonesia adalah berkisar 159 juta. Indonesia memiliki penduduk banyak. Terlebih Malaysia dan Brunei juga masih satu rumpun dengan Indonesia.

10. Bahasa Prancis

Bahasa Prancis

Tercatat ada sekitar 129 juta orang yang menggunakan bahasa Perancis. Selain di Prancis, bahasa ini juga digunakan di beberapa negara lain seperti Belgia, Swiss, Canada, Haiti, dan beberapa negara Afika bekas jajahan Prancis.