DAFTAR MAL-MAL BARU YANG AKAN HADIR DI JAKARTA


Ciputra World Jakarta

Anggapan mengenai Jakarta sebagai kota belanja akan semakin kuat. Jika sebelumnya sudah memiliki Pusat Grosir Tanah Abang yang sangat tersohor hingga mal mewah kelas internasional, kini koleksi mal di Jakarta akan bertambah dengan hadirnya 13 mal baru hingga empat tahun ke depan.

Berdasarkan data penelitian Colliers International Indonesia, seperti dikutip Jumat (13/7/2012), pengembang saat ini membangun mal atau pusat perbelanjaan dengan terlebih dahulu melihat profil tenant (penyewa)-nya, terutama anchor tenant (penyewa utama).

"Mereka cenderung melihat tenant yang bisa berkontribusi positif terhadap reputasi dan performa mal itu sendiri. Sehingga mulai banyak pengembang yang menerpakan sistem sewa ketimbang jual (strata title), karena dianggap memiliki kelemahan terhadap keberlanjutan mal yang mereka bangun," jelas Associate Director Research Colliers Ferry Salanto.

Di samping itu, dia menambahkan, harga sewa dan service charge juga cenderung naik tiap tahunnya. "Harga sewa ruang ritel/mal rata-rata saat ini di atas Rp400 ribu per m2 per bulannya, sementara untuk mal premium bisa mencapai Rp800 ribu per m2 per bulan (harga awal). Kenaikan service charge juga dipengaruhi naiknya tarif listrik dan upah buruh," paparnya.

Berikut daftar mal-mal baru yang akan dibangun di DKI Jakarta:

2012
Kota Kasablanka, Kasablanka, Jakarta Selatan
eXion Mall Kemang Village, Antasari, Jakarta Selatan
Ciputra World Jakarta, Dr Satrio, Jakarta Selatan
Menteng Square, Proklamasi, Jakarta Pusat
Pulomas X'Venture, Pulomas, Jakarta Timur
Pondok Indah Mall Street Gallery, Pondok Indah, Jakarta Selatan

2013
Cipinang Indah Mall, Cipinang, Jakarta Timur
The Baywalk @Green Bay Pluit, Pluit, Jakarta Timur
St Moritz, Puri Indah, Jakarta Barat

2014
Mall @The City Center, KH Mas Mansyur, Jakarta Pusat
The Gateway, Pondok Gede, Jakarta Timur
Pantai Indah Kapuk Mall, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara

2016
Pondok Indah Mall 3, Pondok Indah, Jakarta Selatan.

[Sumber: Okezone]