PERAYAAN TAHUN BARU PALING UNIK DI BERBAGAI BELAHAN DUNIA


Tahun 2013 sudah berjalan beberapa jam, tapi itu untuk kamu yang tinggal di Indonesia. Bagi mereka yang masih di belahan bumi kawasan benua Amerika, mereka masih menghitung jam-jam akhir tahun 2012.

Apa saja rencana kamu di tahun 2013? Setiap orang pasti memiliki rencana berbeda dan tentunya juga perayaan tahun baru yang tak sama satu sama lain. Tak hanya kamu, banyak orang-orang di berbagai kawasan lain juga merayakan tahun baru secara unik.

Kamu tak percaya? Berikut perayaan-perayaan tahun baru paling unik di berbagai daerah di dunia. Selamat tahun baru 2013 ya!

1. First Footing

First Footing

First Footing atau pijakan pertama adalah tradisi kuno Eropa yang berlanjut sampai sekarang. Orang pertama yang masuk ke rumah setelah tengah malam di hari pertama tahun baru haruslah laki-laki dan diutamakan yang berambut gelap/hitam. Mereka yang berambut pirang identik dengan bangsa Viking dan dianggap tidak membawa keberuntungan. Dan mereka pemijak pertama itu harus membawa hadiah seperti uang logam/koin sebagai tanda kemakmuran. Lucunya, mereka pemijak pertama adalah penghuni rumah yang sudah berada di luar semenjak sejam sebelumnya.

2. Angin Irish

Angin Irish

Irish Wind atau angin Irish adalah tradisi Irlandia yang bisa meramalkan masa depan politik negara dengan memeriksa ke mana arah angin bertiup di malam tahun baru. Jika angin bertiup dari barat maka akan ada kemungkinan nasib baik pemerintahan, dan jika dari Timur maka sebaliknya. Tak hanya itu, wanita-wanita lajang juga meletakkan setangkai mistletoe di bawah bantal supaya bisa memimpikan suami masa depan. Selain itu Irlandia juga mengenal tradiri yang menebarkan roti di pintu dan jendela rumah untuk mengusir roh jahat.

3. Lavish Parties

Lavish Parties

4. Sejarah Kuno

Sejarah Kuno

5. Imperial Ball

Imperial Ball

6. Tahun Baru China

Tahun Baru China

7. Tahun Baru Jepang

Tahun Baru Jepang

8. Emancipation Day

Emancipation Day

9. Auld Lang Syne

10. Bayi Pertama

Bayi Pertama