DEDDY PERNAH BERENCANA BACOK JAKSA CIRUS SINAGA




BANDUNG - Deddy Sugarda (44), pembacok mantan jaksa di Kejaksaan Negeri Cibinong, Bogor, Sistoyo, rupanya pernah berencana membacok jaksa yang menangani kasus mafia pajak Gayus Tambunan, Cirus Sinaga.

Namun karena kasus Cirus Sinaga sudah diputus, Deddy mengurungkan niatnya dan diarahkan ke Sistoyo. Cirus merupakan jaksa yang menangani kasus Gayus Tambunan terkait pajak yang diadili di Pengadilan Negeri Tangerang. Cirus didakwa menghilangkan pasal korupsi dalam perkara Gayus.

“Dari keterangan tersangka, rencananya dia mau bacok Cirus Sinaga. Tapi karena kasus Cirus sudah diputus, ya jaksa Sistoyo yang jadi sasaran,” ungkap kata Kasubag Humas Polrestabes Bandung Kompol Endang Sri Wahyu Utami, Rabu (29/2/2012).

Pelaku, kata Endang, sudah merencanakan aksinya sejak dua bulan lalu.

“Tadinya dia mau berangkat ke Jakarta untuk bacok Cirus Sinaga, tapi sudah keburu putusan jadi enggak bisa,” tambahnya.

Selain itu, pelaku juga sering memantau kasus korupsi di televisi. Saat itulah dia melihat berita penangkapan Jaksa Sistoyo oleh KPK yang perkaranya disidangkan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung.

Pelaku menargetkan para terdakwa korupsi. Deddy menganggap koruptor adalah telah mengkhianati bangsa dan melukai hati rakyat. “Targetnya pelaku korupsi yang dilihat di TV,” katanya.

Deddy merupakan warga Bandung pengurus LSM Masyarakat Pemerhati Aparatur Negara. Dia terancam dijerat dengan pasal penganiayaan dengan ancaman hukuman penjara minimal lima tahun.

[Sumber: Okezone]