KENAPA HARUS SIKAT GIGI SEBELUM TIDUR?


Anak menyikat gigi (Foto: Google)

SIKAT gigi sebelum tidur adalah wajib hukumnya. Penelitian pun membuktikan bahwa individu yang tidak menyikat gigi pada malam hari sebelum tidur, jumlah giginya yang berlubang dua kali lebih banyak dari yang menyikatnya sebelum tidur. Apa penyebabnya? 

Gigi yang tidak dibersihkan sebelum tidur akan membuat kuman senantiasa berkembang biak dan menumpuk.

"Kalau tidak sikat gigi malam hari, sisa makanan tertinggal pada sela-sela gigi kita. Terlebih lagi kalau makanan yang manis, kuman senantiasa ada dalam mulut, berkembang biak, dan menumpuk," tutur Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI), Drg Zaura Rini Anggraeni dalam acara “40 Tahun Kemitraan Pepsodent dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia” di Restoran Penang Bistro Kebon Sirih, Jakarta, Kamis (1/3/2012).

Kuman senantiasa berkembang biak saat malam hari dikarenakan produksi air liur yang mengandung zat antibakteri berkurang. Padahal, air liur berfungsi mengurangi tingkat keasaman di mulut sehingga jika gigi tidak dibersihkan kuman-kuman akan lebih mudah dua kali berkembang biak dan menyebabkan kerusakan gigi.

"Kuman akan lebih mudak berkembang biak pada malam hari dengan berkurangnya air ludah. Kuman itu berkembang biak lebih cepat dua kali lipat pada malam hari daripada saat siang hari. Itu alasannya pada malam hari penting sekali untuk sikat gigi," tegasnya.

[Sumber: Okezone]