PENGAWALNYA SEWA PSK, OBAMA BERANG



Cartagena - Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan marah jika tuduhan tak elok atas personel Secret Service terbukti. Mereka dipulangkan menyusul tudingan keterlibatan mereka menggunakan jasa prostitusi selama menyiapkan pengamanan Obama di Kota Cartagena, Kolombia.

"Kami mewakili rakyat Amerika Serikat, dan ketika kita bepergian ke negara lain, saya mengharapkan mereka untuk mematuhi standar-standar tertinggi," kata Obama.

Menurut dia, sikapnya akan ditentukan oleh hasil penyelidikan. "Saya akan menunggu sampai penyelidikan selesai," katanya dalam konferensi pers bersama Presiden Kolombia Juan Manuel Santos.

Pemimpin Partai Republik di Kongres Amerika Serikat, Darrell Issa, menduga agen Secret Service yang menggunakan jasa prostitusi bukan yang pertama. "Penyidik harus mampu menguak, seberapa sering hal ini terjadi sebelumnya," katanya.

Agen Secret Service bertugas melindungi presiden dan anggota kabinet lainnya selama mereka berkunjung ke luar negeri. Agen itu berada di Kolombia untuk menyiapkan pengamanan Obama yang akan menghadiri KTT 33 negara Amerika dan berada di negara itu hingga Minggu. Skandal terkuat hari Kamis.

Secret Service tidak memberikan rincian tentang apa yang terjadi di Cartagena, sebuah kota pantai lokasi KTT itu. Mereka hanya menyatakan ke-11 agen telah dibebastugaskan untuk penyelidikan lebih lanjut.

Lima prajurit militer, yang ditugaskan untuk mendukung Secret Service selama kunjungan Obama, juga telah terlibat dalam insiden itu.

[Sumber: Yahoo]