TIPS MENGHADAPI KEPANIKAN KELUARGA KORBAN KECELAKAAN



Dewasa ini, berita tentang kecelakaan yang terjadi di negri kita kerap mendatangkan kepanikan tersendiri, baik pada keluarga maupun masyarakat yang membaca atau menonton beritanya. Terlepas dari jenis kecelakaannya, entah kecelakaan pesawat, kecelakaan kereta, kecelakaan bis, kecelakaan kapal atau kecelakaan mobil pribadi, kesemuanya menimbulkan kepanikan yang sama.

Pada umumnya, keluarga adalah orang-orang yang paling mudah mengalami panik ketika mendengarkan bahwa salah satu anggota keluarga ada yang mengalami kecelakaan. Nah, apabila Anda memiliki anggota keluarga atau sahabat yang sedang mengalami kepanikan saat mendengar kabar kecelakaan, langkah pertama adalah membuatnya tenang dan tidak semakin panik. Kepanikan tersebut tidak akan membantu menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi, sayangnya saat seseorang mengalami panik, ia cenderung sulit berpikir positif dan jernih. Untuk itu. inilah yang harus Anda lakukan.

1. Ajak ia ke tempat yang lebih luas dan tidak di kerumunan massa agar ia tidak merasa semakin tertekan

2. Posisi duduk akan jauh membuatnya lebih rileks ketimbang harus mondar mandir

3. Ajak ia untuk mengatur nafas, agar oksigen yang mengalir ke otak cukup, dan pikiran bisa tetap tenang

4. Setelah ia tenang, tetap berikan pendampingan saat mencari info lebih lanjut

5. Sediakan selalu sebotol air mineral untuk membantu agar lebih merasa tenang

6. Obat-obatan darurat seperti minyak kayu putih atau beraroma menthol juga sangat penting saat tubuhnya tak kuat menahan tekanan diri. Ini akan membantunya lebih tenang dan cepat siuman apabila pingsan

7. Hindari membantah perkataannya, pada saat ini yang ia butuhkan adalah didengarkan agar emosinya tersalurkan

Memang tidak mudah menghadapi seseorang yang sedang dilanda panik, terutama di saat genting seperti ini. Namun, sudah menjadi tugas Anda untuk tetap membuat situasi tenang, sehingga saat kabar baik maupun buruk tiba, keputusan dapat diambil lebih cepat, dan efektif.

[Sumber: Vemale]