BERBAGAI GAMBARAN TENTANG DATANGNYA HARI KIAMAT


Sekalipun bukan pada tanggal 21 Desember, namun tak bisa dipungkiri kiamat suatu saat akan tiba. Bahkan Islam sendiri memasukkan kiamat dalam daftar rukun iman yang tentunya wajib dipercaya manusia.

Gambaran Datangnya Kiamat

Dan membahas tema kiamat, banyak mitos bahkan kitab suci berbagai agama yang menggambarkan bagaimana nanti datangnya hari akhir ini. Berikut berbagai gambaran datangnya hari kiamat yang tersebar di seluruh dunia berdasarkan mitos maupun kepercayaan dari kitab agama.

1. Kaum Aztec percaya, ada kemungkinan bahwa setiap 52 tahun, matahari tidak lagi terbit sehingga mereka mengorbankan manusia untuk memastikan matahari tetap terbit. Namun menurut pandangan mereka kiamat bukanlah berakhirnya dunia, melainkan sebagai cara untuk memulai dari awal memulai kehidupan baru dengan membedakan baik dan buruk.

2. Kitab Wahyu dalam Alkitab menggambarkan serangkaian peristiwa bencana yang memusnahkan sebagian dari kehidupan di Bumi, yang mencapai puncaknya dengan pengumuman kedatangan Yesus Kristus yang kedua kali.

3. Islam sendiri sebagai agama yang mengimani adanya hari akhir juga menjelaskan kisah tentang kiamat dengan badai pasir, perang atau kebakaran.

4. Pada abad pertengan Eropa memandang serangan wabah penyakit, kelaparan dan perang brutal sebagai ancaman kiamat bagi kehidupan penduduknya. Mereka yakin dunia akan berakhir pada tahun 1.000 Masehi, seperti yang diramalkan para peramal kiamat satu milenium kemudian.

5. Pada awal Renaissance, Anabaptis yakin akhir dunia sudah dekat, dan penting untuk dilakukan pembaptisan ulang sebelum kiamat datang.

"Hal yang paling dipikirkan ketika dihukum oleh para dewa, atau oleh alam, adalah pemberian hukuman karena menentang kekuatan yang lebih tinggi," kata Jean-Noel Lafargue, penulis penelitian tentang mitos akhir dunia sepanjang sejarah, melansir dari AFP.

"Zaman sekarang, kita tidak perlu lagi Tuhan untuk membuat kita takut. Bencana akibat ulah manusia cukup membuat kita takut... Itulah yang berubah pada abad ke-20."

6. Bagi kaum Yahudi dan Kristen, banjir diyakini sebagai penyebab kiamat. Dan hal ini muncul karena kisah dalam Alkitab tentang Bahtera Nuh yang sudah ada dari zaman kuno.

7. Di Mesopotamia semua mitos tentang banjir terjadi dari zaman Sumeria, antara tahun keempat dan kedua milenium sebelum Masehi.

8. Yunani Kuno dan Romawi juga meyakini banjir sebagai pemusnah kehidupan manusia. Dimana mereka memiliki cerita tentang banjir mulai dari banjir Ogyges (dinamai berdasarkan raja dari mitos) hingga Atlantis, pulau legendaris yang ditelan oleh laut, seperti yang diceritakan oleh filsuf Plato.

9. Budaya Yunani, Skandinavia, India dan suku asli Amerika semua berbicara tentang pemusnahan awal umat manusia yang disebabkan kebakaran.

10. Afrika Barat memiliki cerita rakyat tentang "labu pemangsa" yang menelan seluruh pemukiman, rumah, ternak, bahkan seluruh umat manusia.