BASEL SINGKIRKAN UNITED DARI LIGA CHAMPIONS


Fergie tertunduk lesu atas tersingkirnya United.


Manchester United menjalani pertandingan menentukan dalam ajang Liga Champions. Mereka menghadapi FC Basel. Pertandingan ini penting untuk memastikan peluang United lolos ke babak 16 besar namun akhirnya United harus menerima kenyataan pahit selepas kekalahan mereka.

Petaka terjadi bagi United pada menit ke 9. Pemain Basel, Marco Streller melakukan kerjasama apik dengan Xherdan Shaqiri. Kekurangsiapan dari kiper United, De Gea membuat Streller mampu melepaskan tendangan keras ke arah gawang. Skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Basel.

United memiliki peluang emas pada menit ke 30.Ryan Giggs berhasil bekerjasama dengan Nani untuk menerobos pertahanan Basel. Nani akhirnya memberikan umpan terobosan kepada Wayne Rooney. Sayangnya Rooney tidak dapat melepaskan tembakan dengan baik. Semestinya ini peluang emas bagi United untuk menyamakan kedudukan.

Ryan Giggs kembali menciptakan peluang pada menit 35. Ia berhasil menerobos pertahanan Basel untuk kemudian mengirim umpan kepada Rooney. Tendangan dari Ronney masih mengarah tepat ke kiper Basel.

Basel kembali mengancam gawang United pada menit 52. Streller berhasil mengirim umpan terobosan kepada Shaqiri di area kotak penalti United. Bola hasil tendangan Shaqiri masih melebar dari gawang.

United kian terancam. Basel berhasil menambah keunggulannya pada menit 85. Permainan gemilang dari Xherdan Shaqiri berhasil memberikan umpan matang bagi Alexander Frei. Peluang itu tidak disia-siakan oleh Frei. Ia langsung melepaskan tendangan keras ke gawang United tanpa mampu dihadang oleh kiper de Gea. Kedudukan menjadi 2-0 bagi keunggulan Basel.

Intensitas pertandingan kian meningkat setelah United berhasil membalas satu gol. Sempat terjadi kerumunan di depan gawang Basel. Kiper Sommer sempat membuat beberapa penyelamatan gemilang namun akhirnya ia tak dapat menggagalkan tandukan dari Phil Jones. Kedudukan menjadi 2-1 tetap untuk keunggulan Basel.

United terus berusaha menyamakan kedudukan untuk lolos ke babak 16 besar. Sayangnya hingga pertandingan berakhir skor masih tetap sama. Kekalahan ini membuat United tersingkir dari Liga Champions karena hanya menempati posisi ketiga di grup C. Basel sendiri menjadi runner up grup C dengan mengumpulkan 11 poin. Mereka lolos ke babak 16 besar bersama Benfica yang menjadi juara grup setelah mengalahkan Otelul Galati dengan skor 1-0.

Susunan pemain
Manchester United:
De Gea, Evra, Jones, Ferdinand, Smalling, Vidic,Giggs(Evans 44),Park Ji-Sung (Macheda 82'), Nani, Young (Welbeck 64')

Basel:
Sommer, Joo-ho Park, Dragovic, Shaqiri (Stocker 90'),Abraham, F Frei, Cabral,Steinhofer, Streller, A Frei (Kusunga 87'), Xhaka (Chipperfield 83')