KEMENANGAN TANPA ARTI MANCHESTER CITY



Meski menang atas Bayern Munich 2-0 di Etihad Stadium, Kamis (08/12) Manchester City tetap gagal lolos ke babak 16 besar Liga Champions Eropa musim ini.

Tim tamu tidak emnurunkan skuad utamanya di laga ini, karena mereka memang sudah pasti lolos ke fase knock out. Walau hanya mengandalkan pemain lapis kedua, namun Bayern lah yang medapatkan peluag emas terlebih dahulu. Akan tetapi tendangan kaki kiri Ivica Olic yang lolos di sisi kiri masih bisa ditepis oleh Joe Hart di menit ke-6.

Usai peluang tersebut, Manchester Blue yang dituntut menang akhirnya pelan tapi pasti mulai mendominasi jalannya pertandingan. Berondongan serangan mereka bertubi-tubi menghampiri Bayern. Bahkan mereka mampu mendapatkan gol melalui sundulan Joleon Lescott memanfaatkan umpan David Silva. Namun, gol ini danulir wasit Stephane Lannoy karena Lescott daianggap melakukan pelanggaran atas Hans-Jorg Butt.

The Citizen akhirnya benar-benar mendapatkan gol mereka melalui David Silva pada menit ke-36. Berawal dari umpan Gareth Barry dari sisi kanan, Edin Dzekomemberikan umpan back heel kepada Silva. Dengan sekali kontrol dada, gelandang berjuluk El Mago ini langsung melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti ke gawang Bayern tanpa mampu ditepis Hans-Jorg Butt. City 1, dan Bayern 0.

Hampir saja babak pertama ditutup dengan skor 2-0, jika saja tendangan Sergio Aguero ke gawang Bayern yang sudah melompong ditinggal Butt tidak diselamatkan Jerome Boateng. Walhasil skor keunggulan satu gol untuk City mengiringi kedua tim menuju ke ruang ganti.

Laga babak kedua baru berjalan tujuh menit, City memperlebar keunggulan melalui skema umpan satu sentuhan cantik mereka. Berawal dari sodoran Yaya Toure kepada Sergio Aguero dan diteruskan kepada Edin Dzeko, Toure yang sudah berada di depan langsung menghujamkan bola ke gawang Bayern memanfaatkan terobosan Dzeko tadi. Skor pun berubah menjadi 2-0.

Namun, usai gol tersebut, atau tepatnya memasuki menit 70an, permainan City terlihat mengendur. Sebab di laga lain, Gokhan Inler mampu membuka keunggulan Napoli atas Villarreal. Roberto Mancini pun langsung menanggapi hal itu dengan rotasi pemain sambil mengharap Villarreal mampu menyamakan kedudukan.

Ditariknya Yaya Toure dan David Silva untuk digantikan Mario Balotelli dan Adam Johnsohn tak banyak memabwa perubahan bagi The Citizen. Hingga laga usai skor 2-0 tetap bertahan untuk kemenangan City.

Namun kemenangan itu seolah tanpa arti. Sebab, di laga lain Napoli memastikan diri mereka yang lolos setelah juga meraih kemenangan 2-0 atas Villarreal. City pun harus puas bermain di Liga Europa UEFA dengan status sebagai peringkat ketiga Grup A.