4 TIPS BELAJAR HIDUP SEHAT DARI ANAK


Temukan jenis olahraga yang menyenangkan, yang bisa Anda lakukan tanpa harus merasa terbebani. 


Terkadang, berpikir seperti seorang anak kecil dapat menjadi cara terbaik untuk mengarungi kehidupan yang penuh lika-liku. Anak-anak dengan sifatnya yang polos, sebenarnya adalah petarung hidup yang hebat. Sebab, mereka selalu diliputi keceriaan dan menatap ke depan. Ternyata, ada beberapa hal yang bisa kita pelajari dari anak-anak, untuk bisa hidup dengan lebih sehat dan bahagia. Apa sajakah itu? Coba simak!

1. Makan yang sering dimakan anak
Setiap orangtua akan berusaha memberikan makanan bernutrisi dan terbaik bagi anak. Tapi, kerap kali mereka melonggarkan standar itu terhadap diri sendiri. Karenanya, coba ikuti pola makan anak-anak agar lebih sehat. Makan tiga kali sehari secara teratur, ditambah dua kali snack yang sehat. Nikmati jus buah, potongan semangka, atau sorbet stroberi bersama anak, alih-alih minum frappuccino. 

2. Bermain sambil berolahraga
Dengan aktivitas yang padat, mulai dari berlari-lari di halaman, melompat-lompat, hingga menari-nari mengikuti irama lagu, anak-anak seakan tak pernah diam. Itu artinya, tubuhnya selalu membakar kalori tanpa kehilangan rasa antusias. Cara pandang ini juga bisa Anda tiru, dengan menemukan jenis olahraga yang menyenangkan, yang bisa Anda lakukan tanpa harus merasa terbebani.

3. Belajar berkata "tidak"
Anak-anak berpegang teguh pada pendiriannya, sehingga tak mudah goyah meski orang lain mencoba membujuknya. Semakin dibujuk, dia akan semakin berteriak, "Tidak, tidak, tidak!" Bila anak-anak bisa, kenapa Anda tidak? Anda bahkan tidak perlu sampai berteriak seperti mereka. Jadi, ketika bos untuk kesepuluh kalinya mencoba membujuk Anda masuk di hari libur padahal Anda sedang butuh istirahat, katakan tidak dan tak perlu dengarkan bujuk rayunya lagi. Juga ketika seorang teman mengajak Anda makan di restoran cepat saji, padahal Anda sudah punya bekal makan siang yang jelas lebih sehat.

4. Makan hingga kenyang
Anak-anak akan berhenti makan begitu perutnya sudah penuh. Ironisnya, banyak orang dewasa yang tetap mengisi perut padahal sudah kekenyangan. Antara mereka ingin menghabiskan makanan yang ada di piring atau karena tidak sadar kalau perutnya telah kekenyangan. Karena itu, ada baiknya Anda mulai belajar mengenali seperti apa sinyal-sinyal kenyang. Berusahalah mengambil makanan secukupnya dan segera berhenti sebelum kekenyangan.

[Sumber: BestHealth, Kompas]