5 PENYEBAB YANG MEMPENGARUHI KESUBURAN SESEORANG




Saat ini kamu dan pasangan kamu mau memiliki momongan kamu harus perhatikan kesuburan pasangan pola makan dan gaya hidup kamu, terhindar dari setres dan memakan makanan yang kaya nutrisi mungkin akan membatu kamu dalam mempercepat untuk mendapatkan momongan seperti di kutip dari vivanews berikut ini ada 5 Musuh yang sebaiknya kamu hindarin jika kamu mau cepat mendapatkan momongan mau tahu apa aja itu simak berikut ini.

1. Rokok dan alkohol
Konsumsi rokok dan alkohol dapat mengganggu kesuburan. Konsumsi alkohol dalam jumlah kecil bahkan dapat mengurangi kesempatan hamil hingga 50 persen. Mempersiapkan kehadiran bayi Anda adalah waktu yang tepat untuk menyetop kebiasaan buruk ini.

2. Kafein
Efek stimulan atau daya rangsang pada kafein menyebabkan perubahan kadar hormon yang pada gilirannya dapat mengganggu fertilitas. Kafein diklaim dapat menurunkan kesempatan wanita untuk hamil.

Salah satu yang harus Anda lakukan adalah membatasi asupan kafein di bawah angka 300 miligram per hari. Angka ini setara dengan tiga cangkir kopi atau enam kaleng minuman bersoda. Ingat, kafein tidak cuma terkandung di dalam kopi, tetapi juga makanan lain seperti cokelat, dan soft drink.

3. Makanan tercemar pestisida
Hindari makanan yang tercemar pestisida karena dapat mengganggu kestabilan hormon. Saat merencanakan kehamilan, sebaliknya pilih makanan alami dan organik. Hindari pula konsumsi makanan yang melalui proses berulang-ulang, lebih baik konsumsi makanan segar.

4. Stres
Emosi yang tak stabil dapat mengacaukan siklus menstruasi, sehingga mencegah keteraturan ovulasi. Studi terbaru yang dipublikasikan jurnal Fertility and Sterility menemukan bahwa wanita membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil jika mengalami stres berkepanjangan. Karenanya, penting mengasah kemampuan relaksasi agar stres tidak mengganggu siklus ovulasi.

5. Junk Food
Sama halnya sel telur, kondisi sperma juga menentukan tingkat kesuburan. Karenanya hindarkan pasangan mengasup makanan yang memperburuk kualitas dan kuantitas sperma seperti junk food. Lebih baik tingkatkan asupan makanan mengandung asam lemak omega 3, seperti ikan dan minyak tumbuhan.

[Sumber: Palingseru]