KONTROVERSI WASIT ROMERO DI LAGA VILLARREAL VS REAL MADRID


Ekspresi bek Real Madrid, Sergio Ramos, setelah mendapat kartu kuning kedua, pada pertandingan Liga BBVA melawan Villarreal, di El Madrigal, Rabu (21/3/2012). 



EL MADRIGAL, Pertandingan antara Villarreal dan Real Madrid yang berkesudahan 1-1, Rabu atau Kamis (22/3/2012) dini hari WIB, masih menyimpan banyak kontroversi. Salah satu kontroversi yang mengejutkan adalah, striker Villarreal, Ruben, tidak diberi kartu merah, meski sudah mendapatkan dua kartu kuning. Sementara wasit dengan mudah memberi kartu merah kepada Mesut Oezil, setelah memberi kartu merah kepada Sergio Ramos.

Kontroversi bermula pada menit ke-19, saat wasit Jose Luis Paradas Romero mengeluarkan kartu kuning. Entah kartu kuning tersebut diberikan kepada siapa karena saat itu ada dua pemain (Marcos Senna dan Ruben) yang berada di dekat Romero.

Berdasarkan catatan Soccernet, kartu kuning tersebut diberikan untuk Senna. Tetapi, menurut situs resmi Federasi Sepak Bola Spanyol (LFP) lewat aplikasi mobile, kartu kuning pertama (menit ke-19) diberikan untuk Ruben. 

Anehnya, pada suatu kejadian saat Senna hendak mengambil tendangan sudut, ia juga mendapat kartu kuning dari Romero. Penonton pun berpikir bahwa kartu kuning pertama (pada menit ke-19) ternyata diberikan kepada Ruben.

Keanehan kembali terjadi pada menit ke-55 saat Ruben menerima kartu kuning. Banyak pendukung Madrid yang gembira karena Ruben akan menerima kartu merah sebagai akumulasi dua kartu kuning. Namun, nyatanya tidak. Ruben tetap melenggang di lapangan dan membuat sebagian penonton kebingungan.

Romero semakin membuat pendukung Madrid bingung setelah dirinya mengeluarkan Pelatih Madrid, Jose Mourinho, dan staf medis Madrid, Rui Faria. Itu pun tak jelas alasannya. Kontroversi tak berhenti sampai di situ. Romero juga membuat keputusan yang mengejutkan dengan mengeluarkan Sergio Ramos dan Mesut Oezil. 

Bentuk protes Madrid

Pihak Madrid pun lantas memprotes kinerja Romero. Mourinho menolak untuk memberikan keterangan dalam konferensi pers sebagai bentuk protesnya.

Sementara Cristiano Ronaldo dilaporkan mengeluarkan kritikan pedas kepada sang pengadil lapangan seusai laga. Dikabarkan, Ronaldo menyebut Romero sebagai pencuri.

Tindakan ekstrem dilakukan oleh Pepe. Pemain asal Portugal ini diberitakan mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas kepada Romero. "Pencurian macam apa ini, Anda anak p*****r," demikian kalimat yang dilontarkan Pepe kepada Romero.

[Sumber: Bola.Kompas]