9 PANTAI ANEH DI DUNIA



MENGHABISKAN liburan di pantai saat musim panas tiba mungkin menjadi pilihan banyak orang. Namun, tidak semua pantai yang Anda kunjungi memiliki pemandangan layaknya pantai pada umumnya. Ada sejumlah pantai yang dianggap aneh.

Berikut beberapa pantai aneh yang ada di dunia:

1. Loango National Park, Gabon
Taman nasional ini memiliki area memanjang sampai ke pantai. Sehingga, memungkinkan gajah, kerbau, babi hutan, gorila, dan kuda nil berenang di laut. Namun, Anda tetap bisa berwisata di Loango National Park dengan menginap di The Lodge Loango yang berada di dekatnya.

2. Pantai Sapi, Goa, India
Sapi dan pantai, dua kata yang tidak memiliki kaitan sama sekali. Tapi di Pantai Sapi, India, pengunjung harus berbagi dengan kawanan sapi yang biasa lalu lalang di sekitar pantai. Meskipun kebersihannya dinilai kurang, tapi pantai ini tetap populer sebagai tujuan wisata.

3. Pantai Punaluu, Hawaii
Berkebalikan dengan pemandangan umum pantai berpasir putih, pantai ini justru memiliki pasir berwarna hitam dan berbatu. Menurut pemerintah setempat menghitamnya pasir disebabkan pasir basalt, produk lava vulkanik kuno yang didinginkan air laut.

4. Pink Sands Beach, Bahama

Sesuai dengan namanya, Pink Sands Beach, pantai ini memiliki hamparan pasir berwarna merah jambu. Menurut para ahli, fenomena warna terjadi akibat hadirnya jutaan serangga batu karang yang disebut Foraminifera. Saat mereka mati, mereka meninggalkan cangkang berwarna pink yang hancur menjadi pasir.

5. Pantai Papakolea, Hawaii
Ada juga pantai berpasir hijau di Hawaii. Tepatnya terletak di Big Island. Warna hijau muncul karena kristal olivine. Jika dilihat dari jauh, Pantai Papakolea terlihat seperti rerumputan.

6. Pantai Kaca, California
Pada 1900, Pantai Fort Bragg di California, AS, ditutup karena warga kerap membuang sampah di sana. Kemudian pada 1967, kawasan itu perlahan-lahan direhabilitasi. Dibantu oleh gelombang laut, sisa sampah-sampah kaca menjadi halus dan berwarna-warni. Pantai Kaca pun dibuka kembali pada 2002 sebagai bagian dari Taman Negara MacKerricher.

7. Pantai Air Panas Beach, Selandia Baru
Terletak di Semenanjung Coromandel, area ini seakan memiliki pemanas bawah tanah. Mata air panas bawah tanah tersaring ke atas melalui pasir. Ketika air surut, pengunjung dapat menggali pasir dan membuat kolam air panas sendiri untuk berendam.

8. Pantai Maho, St Maarten
Terletak tak jauh dari Princess Juliana International Airport, Maho. Sangat cocok bagi Anda yang ingin melihat pesawat Boeing dari jarak dekat menukik ke tanah. Bahkan, Sunset Beach Bar memiliki speaker yang menyiarkan transmisi antara pilot dan menara kontrol bandara.

9. Pantai Mengonggong, Hawaii
Percayakah Anda ada pantai yang terdengar seperti anjing? Di Pantai Barking Hawaii Sands Beach, terdengar seperti suara anjing yang tengah mengonggong ketika ombaknya berdebur.