5 'RESOLUSI' JOKOWI-AHOK YANG AKAN MENGUBAH WAJAH JAKARTA TAHUN DEPAN


Diakui banyak kalangan, masalah di Jakarta kompleks. Mulai dari bidang ekonomi hingga birokrasi, mulai kemacetan hingga minimnya ruang publik. Ada banyak hal yang harus dilakukan. Dan Jokowi, setelah resmi menjadi gubernur, kini jadi tumpuan.

Seolah tak ingin terpaku pada rencana-rencana, setelah dilantik, Jokowi langsung tancap gas. Hampir tiap hari, mantan Walikota Solo ini turun ke lapangan. Sementara pasangannya, Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok, 'menata' Balaikota dengan berbagai kesibukannya.


Ahok & Jokowi
Dalam berbagai kesempatan, Jokowi selalu optimistis, masalah di Jakarta bisa diselesaikan. Tapi ia mengisyaratkan semua dilakukan dalam berbagai tahapan. Berikut 'resolusi' atau rencana kebijakan Jokowi-Ahok yang bakal mengubah wajah Ibukota tahun 2013 mendatang.

1. 600 Bus TransJakarta Dilengkapi GPS

600 Bus TransJakarta Dilengkapi GPS

Sebanyak 600 bus Transjakarta yang dilengkapi GPS akan diluncurkan tahun depan. Selain itu, Jokowi menyatakan, Pemprov DKI akan menghibahkan 1.000 unit Kopaja dan Metromini. Proyek peremajaan angkutan ini diperkirakan menghabiskan dana Rp 1,7 triliun.

Rencana itu diamini pemerintah pusat. Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono saat ditemui di acara Rapat Koordinasi di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jl. Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (6/11/12), menyatakan,"Beliau (Jokowi) merencanakan pemasangan GPS untuk semua bus TransJakarta."

Kesepakatan itu terjadi setelah Jokowi bertemu dengan Kementerian Perhubungan untuk mempersiapkan program untuk membenahi armada bus TransJakarta.

2. Jalur kereta Commuter Line Manggarai-Soetta

Jalur kereta Commuter Line Manggarai-Soetta

Moda transportasi ini dibahas saat Jokowi bertemu dengan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Rabu (7/11/2012). Jokowi menilai pembangunan jalur kereta Manggarai ke Bandara Soekarno-Hatta akan membantu warga DKI dalam memanfaatkan moda transportasi udara.

"Target kami 2013 bisa selesai, sehingga dari Manggarai dan Dukuh Atas bisa langsung ke bandara," kata Jokowi di kantor Gubernur Banten Jl Brigadir Jenderal Kyai Haji Syam'un, Serang.

Investasi jalur kereta bandara dengan panjang jalur mencapai 30 km-33 km ini diperkirakan menghabiskan dana US$ 2 miliar. Sejauh ini, hasil pra feasebility study telah disampaikan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) selaku fasilitator yang membantu menyiapkan tahap-tahap dari awal perencanaan sampai tahap mengajak investor.

3. Kampung Deret

Kampung Deret

Program ini dilakukan untuk menata kampung kumuh. Misalnya di Tambora, Angke, Cengkareng, Manggarai, dan sebagainya. Meski masih menunggu persetujuan DPRD, program Kampung Deret ini diperkirakan bisa diwujudkan pada tahun 2013.

"Ancer-ancer Rp 4 triliun. Dana kita sendiri, APBD satu tahun 2013," kata Jokowi usai bertemu dengan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Putut Bagus Eko Bayuseno di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (5/11/2012).

Menurut dia, bedah kampung akan dilaksanakan pada tahun depan. Kampung-kampung kumuh itu bakal disulap dengan berbagai konsep, bukan hanya Kampung Deret.

Sementara Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintah DKI Jakarta Novizal menyebutkan, kampung deret susun dipastikan dilaksanakan di 100 kampung kumuh. "Lokasi pastinya masih menunggu usulan dari Wali Kota wilayah administrasi. Di dalam usulan itu terdapat data lahan yang sesuai dengan persyaratan," kata Novizal dalam suatu kesempatan.

4. Pasar PKL

Pasar PKL

PKL menjamur di Jakarta. Lokasinya bertebaran di sudut-sudut kota. Jokowi akan menatanya. PKL akan diberi solusi, jalan keluar, dan ruang atau tempat. Ia berencana membangun Pasar PKL tahun 2013.

"Jadi ide saya membuat pasar PKL tahun 2013 harus terlaksana," kata Jokowi usai apel pagi bersama ribuan personel Satpol PP di Monas, Jakarta, Kamis (1/11/2012).

Tidak dijelaskan di mana dan konsep rinci mengenai pasar PKL tersebut. Namun sebagai awalan, PKL di sejumlah tempat telah dimasukkan ke pasar terdekat. Mereka diberi kios dengan biaya sewa disubsidi Pemprov.

"Tidak boleh berdagang semaunya karena kota ini kan ada aturannya," kata Jokowi.

5. Taman Kota ber-Wifi

Taman Kota ber-Wifi

Konsep kota dengan fasilitas umum yang terkoneksi internet masuk dalam prioritas Jokowi-Ahok dan akan diterapkan di Jakarta tahun depan. Sebagai awalan, 10 taman akan terkoneksi dengan jaringan internet.

"Awal tahun 2013, kita sudah canangkan 10 taman gratis sebagai realisasi program Jakarta Smart City dengan akses internet bisa dengan mudah," kata Ahok, sapaan akrab Basuki, usai menggelar rapat dengan PT Telkom Indonesia dan Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta di Gedung Balaikota, Jakarta, Senin (29/10/2012).

Anda sudah bisa membayangkan wajah Jakarta tahun depan?

[Sumber: Detik]