MENANG LAGI, OBAMA KEMBALI UKIR SEJARAH


Setelah berlangsung ketat, capres incumbent Barack Obama akhirnya terpilih kembali dalam pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat. Obama pun kembali mengukir sejarah karena berhasil menang di saat pemulihan perekonomian AS berlangsung lamban dan tingginya angka pengangguran di negeri itu.


Barack Obama

Dengan kemenangannya ini, seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (7/11/2012), Obama pun mencetak sejarah karena menjadi capres kedua dari partai Demokrat yang berhasil memenangi periode jabatan kedua sejak Perang Dunia II. Yang pertama adalah mantan presiden Bill Clinton yang pernah memegang jabatan selama dua periode.

Sebelumnya dalam pemilihan presiden tahun 2008, Obama mencetak sejarah dengan menjadi presiden berkulit hitam pertama di AS. Kini Obama berhasil mengalahkan penantangnya, Mitt Romney yang sempat unggul dalam perolehan suara Ellectoral College.

Atas kemenangan ini, kepada rakyat AS, Obama langsung menyampaikan ucapan terima kasih melalui akun Twitter-nya dan akun Facebook-nya.

"Ini terjadi karena kalian. Terima kasih," tutur Obama dalam akun resminya @BarackObama, seperti dilansirAFP, Rabu (7/11/2012).

"Empat tahun ke depan," imbuhnya.

Obama yang merupakan perintis dalam kampanye online ini juga memuji rakyat AS yang telah mendukungnya. "Kita semua bersama-sama. Itulah caranya kita berkampanye dan itu menunjukkan siapa kita. Terima kasih. -bo," tuturnya.

Diketahui bahwa inisial 'bo' merupakan tanda bahwa pesan tersebut merupakan pesan pribadi yang berasal dari dirinya. Kicauan Obama tersebut langsung di-retweet sebanyak 88 ribu kali.

Tidak hanya itu, Obama juga mengunggah foto dirinya tengah memeluk sang istri, Michelle Obama, saat merayakan kemenangannya.