PASAR TERBESAR DI DUNIA


Pasar merupakan tempat pertemuan pembeli dan penjual, di dunia ini banyak terdapat pasar dari pasar yang besar sampai pasar yang kecil-kecil namun taukah kamu pasar apa yang paling besar di dunia ini ?


Grand Bazaar

Grand Bazaar di Istambul, Turki merupakan pasar terbesar di dunia, pasar ini memiliki setidaknya 3.000 pertokoan dalam satu hari pasar ini bisa dikunjungi 400.000 orang dari berbagai negara.

Pasar Grand Bazaar ini telah sangat di kenal oleh masyarakat dunia jadi tidak heran ketika para wisatawan datang keturki pasti akan singgah ke pasar ini.

Jika kamu kepasar Grand Bazaar maka kamu akan menemukan banyak tumpukan rempah-rempah, aroma tumbuhan menyerbak, dan berbagai bumbu dapur.

Selain itu di pasar ini juga banyak menjual aneka lampion, guci, karpet, dan permadani khas Turki.

Grand Bazaar memang cukup bsesar namun kamu jangan takut tersesat ketika belanja di pasar ini sebab pasar ini sudah diatur secara rapi karena toko di Grand Bazaar telah dikelompokkan sesuai jenis barang. Tapi ingat, jangan sekali-kali merokok di pasar ini, karena dilarang.

Pasar ini berdiri seperti kompleks dan dilengkapi dengan dua masjid, serta dipercantik dengan empat air mancur. Di bagian tengah pasar merupakan ruangan berkubah tinggi. Di sini, Anda bisa menemukan aneka barang antik, seperti perabotan, tasbih, senjata tajamdan koin-koin kuno.

Hal yang paling disukai berbelanja di pasar ini adalah belanja perhiasan emas sebab harga emas di pasar ini harganya paling murah di seluruh dunia.

Grand Bazaar telah menjadi pusat wisata belanja sejak tahun 1461. Perkembangan pasar ini sangat pesat, mulai diperbesar pada abad ke-16 dan pada tahun 1894, mengalami perbaikan besar-besaran pasca gempa.