TIPS MENJAGA KESEHATAN SAAT MUSIM HUJAN


Sekarang sudah musim hujan biasanya banyak wabah penyakit yang terjadi saat musim hujan. Tapi sebenarnya yang membuat kita sakit ada perbedaan suhu tubuh.Dan kepala yang terkena air hujan akan lebih dingin dibandingkan dengan suhu tubuh yang lainnya.

Saat Musim Hujan

Misalnya seluruh tubuh kita terkena hujan maka kita mungkin tidak terkena sakit. Kelihatan aneh ya ? Tapi itu kenyataannya untuk menghindari penyakit saat hujan maka ikutilah Cara Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan di bawah ini :

Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Vitamin D yang cukup
Vitamin D tidak hanya baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi, tapi juga sebagai pertahanan terhadapp penyakit. Mulai dari flu sampai kanker. Vitamin D dapat diperoleh secara alami dari matahari (yang sayangnya jarang kita dapatkan di musim hujan).

Dari makanan, vitamin ini bisa diperoleh dari telur, hati, dan ikan, juga susu dan margarin yang diperkaya dengan vitamin D. Penelitian yang dilakukan di Jepang pada 300 anak menunjukkan bahwa mereka yang menerima suplemen vitamin D, 40% lebih kuat melawan flu.

Penuhi kebutuhan serat harian
Mereka yang mengkonsumsi serat larut air dalam waktu enam minggu bisa menjaga tubuh dari serangan bakteri bila dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi serat kombinasi.

Serat larut air dapat diperoleh dari buah-buahan yang rasanya asam, apel, wortel, buncis, dan havermut. Pastikan tubuh mendapatkan sebanyak 25 – 38 gram serat setiap hari.

Jaga berat badan
Penelitian yang dilakukan di Tufts University menunjukkan bahwa berat badal yang ideal membuat sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik daripada mereka yang mengalami obesitas.

Olahraga
Jika aktif, tubuh akan melepaskan energi yang diubah menjadi panas. Dengan suhu tubuh panas, suhu dingin yang disebabkan oleh hujan lebat akan disingkirkan.

Konsumsi buah-buahan warna cerah
Warna buah-buahan seperti pir dan pisang dapat merangsang tubuh dan menyediakan energi. Aroma lemon segar atau jahe juga mampu meningkatkan energi.

sekarang sudah tau kan bagaimana Caranya Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan. Semoga bermanfaat !!