5 CARA ME-REBOOT OTAK DARI TEKNOLOGI



Komputer yang mulai lemot bekerja, biasanya kita reboot atau restart. Bagaimana kalau Anda sendiri yang butuh reboot? Akibat terlalu sibuk terkoneksi dunia maya, dengan berbagai aplikasinya, Anda sering tidak sadar bahwa sama seperti komputer, manusia juga butuh istirahat.

Berapa banyak aplikasi yang selama ini menyedot perhatian Anda? Email, Facebook, Yahoo Messenger, BlackBerry Messenger, Twitter, Blog, dan banyak lagi. Jangan heran kalau seringkali otak Anda seperti lemot, hang, karena memproses terlalu banyak informasi. Akibatnya sulit tidur, susah konsentrasi, penat, badan tidak bugar bahkan bisa sakit.

Berikut lima langkah agar kita bisa ikut reboot sejenak dari semua kesibukan online.

1. Log out dulu

BlackBerry yang terus-terusan bunyi menandakan email masuk, mention Twitter, atau update status Facebook, bikin otak Anda hang juga kan? Ayo coba log out dulu dari semua akun online Anda.

2. Matikan ponsel

Bahkan kalau perlu matikan saja ponsel Anda. Matikan di sini betul-betul dimatikan, bukan hanya di-silent. Lakukan ini menjelang malam hari, sehingga Anda bisa benar-benar beristirahat total. Dan ketika pergi tidur pun Anda tidak perlu memikirkan banyak masalah.

3. Selalu matikan komputer

Biasakan untuk mematikan komputer total, bukan hanya menutup atau membuatnya berhibernasi. Terutama jika komputer ini ada di dalam kamar Anda. Ini penting, sebab komputer yang masih menyala sering mengirimkan notifikasi adanya pesan yang masuk. Atau setidaknya masih menggoda Anda untuk membukanya.

4. Jauhkan ponsel


Kalau ponsel sudah dimatikan tapi tetap saja tergoda untuk menyalakan dan memeriksa pesan masuk, sama juga bohong. Maka letakkan ponsel Anda sejauh mungkin agar tidak terlihat. Taruh saja di rak buku di ruangan lain, bukan di kamar Anda. Dengan tidak melihatnya, maka godaan untuk menyalakannya makin sedikit.

5. Nikmati waktu bebas

Jangan memikirkan siapa yang akan menghubungi Anda atau Anda harus mengirim email ke siapa. Nikmati saja waktu bebas dari segala jenis hubungan online. Rasakan betapa nyamannya tidak harus terus menerus di depan komputer atau layar ponsel. Dengan begitu, Anda bisa pergi tidur tenang, dan esok pagi terbangun lebih bugar.

[Sumber: Metrotvnews]