4 SAYURAN YANG DAPAT MENGATASI KEPANIKAN



PANIK bukanlah hal asing bagi siapapun. Apalagi ketika berada dalam kondisi stres. Namun, hal itu dapat diatasi dengan mudah.

Menambahkan beberapa sayuran ekstra pada menu harian. Wow, terdengar sangat simple, ya.

Sayuran mengandung antioksidan dan vitamin yang dapat membantu mengatur suasana hati. Tapi, tentu saja harus diimbangi dengan melakukan aktivitas yang bisa me-refresh pikiran Anda.

Lalu, sayuran apa saja yang dapat mengatasi kepanikan?

1. Bayam
Kandungan gizi mikro dalam sayuran hijau sangatlah tinggi seperti vitamin A, vitamin K, mineral mangan, dan besi. Semua kebutuhan tubuh terlayani oleh sayuran ini.

Salah satu kandungan vitmain yang cukup tinggi dalam bayam adalah vitamin C, yang dapat membantu mengurangi tingkat stres. Ketika kita mengalami stres, kelenjar adrenal yang menyimpan stres akan kehilangan vitamin C.

Bayam berfungsi menggantikan vitamin yang hilang tersebut. Ketika stres, cobalah ganti selada pada salad dengan bayam yang memberikan lebih banyak nutrisi.

2. Brokoli
Selain pada jeruk, kandungan tinggi vitamin C juga ditemukan dalam brokoli. Kandungan penting lain yang perlu dipertimbangkan adalah vitamin A.

Vitamin yang juga merupakan antioksidan itu bekerja mengelola stres sehari-hari. Makanan super itu akan membantu menggantikan nutrisi yang hilang. Cukup mengonsumsinya dengan saus favorit Anda atau menggorengnya dengan tepung.

3. Asparagus
Kunci untuk menyingkirkan stres dan panik terletak pada antioksidan dan vitamin. Asparagus juga termasuk sayuran yang kaya antioksidan.

Jangan ragu untuk memesan sup asparagus saat makan siang. Ia dapat membantu Anda menormalkan suasana hati yang kacau, panik, dan tertekan.

Sayuran ini juga mengandung tritofan, asam amino esensial yang digunakan tubuh untuk menghasilan serotonin, yang membantu kita mendapatkan kualitas tidur dan suasana hati bahagia.

"Kurangnya serotonin adalah penyebab umum rasa panik," jelas Julia Ross, penulis buku The Mood Cure.

4. Seledri
Kemampuan seledri untuk mengurangi tekanan darah telah lama diakui oleh praktisi pengobatan Cina. Cobalah mengonsumsi seledri untuk membantu Anda menjadi lebih tenang.

Seledri mengandung pthalides, senyawa yang dapat mengendurkan otot-otot pembuluh darah. Senyawa ini mengatur aliran darah yang memungkinkan pembuluh darah membesar, dan mengurangi tekanan darah. Gejala yang sangat mungkin terjadi selama stres. Tambahkan sayuran ini untuk sup atau salad.