BAHAYA DAN CARA MERAWAT TATO



TATO dapat merusak kulit. Infeksi dan komplikasi pada kulit adalah kemungkinan yang bisa terjadi. Berikut risiko khusus tato meliputi:

Reaksi alergi. Tattoo pewarna - terutama yang berwarna merah, hijau, pewarna kuning dan biru - dapat menyebabkan reaksi alergi kulit, seperti ruam yang gatal di lokasi tato. Hal ini dapat terjadi bahkan bertahun-tahun setelah Anda mendapatkan tato.

Infeksi kulit yang mungkin menyebabkan kemerahan, bengkak, nyeri dan drainase nanah.

Masalah kulit lainnya. Kadang benjolan yang disebut bentuk granuloma sekitar tinta tato. Tato juga dapat menyebabkan keloid - disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari jaringan parut.

Penyakit melalui darah. Jika peralatan yang digunakan untuk membuat tato terkontaminasi dengan darah yang terinfeksi, Anda bisa terkena penyakit melalui darah termasuk tetanus, hepatitis B dan hepatitis C.

Bagaimana Cara Merawat tato?

Bagaimana Anda merawat tato baru Anda tergantung pada jenis dan tingkat kerja yang dilakukan. Biasanya, bagaimanapun juga, Anda harus:

Hapus perban setelah 24 jam. Oleskan salep antibiotik untuk kulit tato sementara penyembuhan. Jaga kulit bertato agar bersih. Gunakan sabun biasa dan air dan sentuhan lembut.

Sementara mandi, menghindari aliran langsung air pada kulit yang baru ditato. Jangan menggosok daerah kering. Gunakan pelembab. Oleskan pelembab ringan pada kulit bertato beberapa kali sehari. Hindari paparan sinar matahari.

Jauhkan daerah tato keluar dari sinar matahari selama setidaknya beberapa minggu. Hindarilah berenang. Tetap keluar dari kolam renang, kolam air panas, sungai, danau dan badan air lainnya sementara luka tusukan Anda dalam penyembuhan. Pilih pakaian dengan hati-hati.

Jangan memakai apa pun yang mungkin menempel pada tato. Tunggu hingga dua minggu untuk penyembuhan. Jangan memilih setiap scabs, yang meningkatkan risiko infeksi dan dapat merusak desain dan menyebabkan jaringan parut.