SATELIT NASA INI DIKENDALIKAN OLEH PONSEL ANDROID


Satelit biasanya akan dikendalikan oleh sebuah sistem komputer yang sangat cangih namun apa jadinya jika satelit hanya dikendalikan oleh ponsel android sebagai otaknya.



NASA menciptakan sebuah proyek satelit baru yang berukuran mini nama proyek satelit ini adalah PhoneSat sebuah satelit yang berukuran mini yang besarnya hanya 10 cc, atau lebih kecil dari sebuah cangkir. Uniknya dari proyek satelit NASA ini adalah pada sebuah Ponsel Android yang digunaka sebagi otak dari satelit NASA ini.

Pihak NASA mengatakan bahwa satelit mini berbentuk kubus ini merupakan bagian dari proyek PhoneSat yang bertujuan untuk memanfaatkan fungsi ekstensif dari smartphone komersil yang dimodifikasi.

Sejauh ini, NASA telah membangun dan menguji variasi pertama dari satelit, PhoneSat 1.0, yang menampilkan Nexus One sebagai on-board komputer dan juga menggunakan kamera ponsel untuk pengamatan bumi.

Satelit PhoneSat 1.0 ini akan menjalankan misi sederhana seperti bertahan hidup di ruang hampa udara yang dingin dalam waktu lama dan mengirim kembali data ke bumi serta mengirim laporan dari keseluruhan proses yang terjadi.

NASA juga telah meyipakan proyek satelit PhoneSat 2.0, yang akan menggunakan Ponsel Android Nexus Sebagai otaknya, proyek satelit ini sedang dalam pengembangan dan akan mendapat fitur tambahan seperti kemampuan untuk komunikasi dua arah, dan magnet untuk menjaga orientasinya.

Pada tahun 2013 nati NASA berambisi akan membuat satelit PhoneSat 3.0 yang akan mengunakan Ponsel android yang sangat cangih sebagai otaknya, namun masih belum diketahui ponsel Androit apa yang akan di gunakan NASA nati.