5 MASALAH KESEHATAN YANG BIKIN GEMUK


Bukan hanya banyak makan saja yang bisa bikin gemuk ternyata ada beberapa masalah kesehatan yang kamu alami yang dapat memebuat badan kamu tambah gemuk, kamu ingin tahu masalah kesehatan apa aja itu simak 5 Masalah Kesehatan Yang Bikin Gemuk berikut ini seperti dikutip dari detik.com.



1. Stres
Banyak obat antidepresan untuk mengatasi stres yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Bahkan menurut studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Public Health, perasaan depresi sendiri juga berkaitan dengan berat badan.

Orang yang merasa sedih dan kesepian, berat badannya lebih cepat bertambah daripada orang yang memiliki kondisi mental yang stabil.

2. Buang air besar yang tidak teratur
Pencernaan yang lambat akan menyebabkan buang air besar tidak teratur dan juga dapat menjelaskan kelebihan berat badan. Buang air besar sekali atau dua kali sehari masih berada dalam kisaran yang sehat

Penyebabnya mungkin adalah dehidrasi, konsumsi obat-obatan, diet rendah serat, atau bahkan kurangnya flora baik dalam usus. Makanlah makanan yang mengandung probiotik seperti yoghurt agar dapat membantu melancarkan saluran pencernaan. Jagalah tubuh agar tetap terhidrasi dan makan makanan yang mengandung serat.

3. Kekurangan nutrisi
Tubuh yang kurang mendapat asupan vitamin D, magnesium, atau besi dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh dan tingkat energi, atau mengubah metabolisme. Penuhi kebutuhan nutrisi tersebut dengan mengonsumsi makanan seperti susu, yoghurt, daging tanpa lemak dan kacang-kacangan.

4. Metabolisme tubuh lambat
Metabolisme tubuh seseorang dapat melambat dan menyebabkan menumpuknya kalori jika makanan yang dikonsumsi tidak seimbang, seperti terlalu banyak makan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana. Protein lebih cepat dicerna daripada karbohidrat dan lemak.

Agar metabolisme tubuh lebih cepat, Anda juga memerlukan olahraga agar kalori dapat terbakar melalui kebutuhan energi untuk beraktivitas.

5. Menderita gangguan kesehatan tertentu
Masalah kesehatan seperti muskuloskeletal, plantar fasciitis, osteoarthritis dan lutut atau nyeri pinggul, juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak disengaja. Hal ini dapat diatasi dengan cara mengobati gejala dari gangguan kesehatan tersebut dan meningkatkan olahraga.