CERITA SOSOK MISTERIUS PANTAI SELATAN TERTANGKAP KAMERA


Cerita soal sosok misterius tertangkap kamera bukan hanya pocong kondangan di Magelang. Bukan pula hanya "The Lady Brown" yang dianggap sebagai bukti paling baik dalam hal menangkap citra hantu dengan kamera.



Jauh waktu sebelumnya, pengunjung Pantai Selatan Jawa sering dihebohkan oleh sosok misterius yang muncul dalam hasil jepretan. Sosok mengejutkan pernah tertangkap dalam kamera yang sedang memfoto Kapolres Banyuwangi AKBP Slamet Hadi Supraptoyo. Kejadian pada sekitar 2010 lalu itu sempat membuat heboh. Dalam gambar tampak kepala perempuan dengan menggunakan mahkota ratu dan berbalut kain selandang tipis. Sosok itu dihubung-hubungkan dengan Nyai Roro Kidul.

Kepala Desa Kandangan Barok menjelaskan mengenai kejadian penampakan sosok dalam foto bersama tersebut. Menurut dia, itu cuma legenda masyarakat nelayan laut selatan. Tidak perlu dikhawatirkan. Pernyataan tersebut keluar saat Kapolres AKBP Slamet Hadi Supraptoyo bertanya kepada dirinya saat itu.

Pada era sebelum muncul kamera digital, seringkali kehebohan datang dari mereka yang mengambil gambar dengan kamera film saat berkunjung ke Pantai Selatan. Tidak jarang, muncul berita film yang sudah dicuci cetak saat berpotret ria di pantai selatan, gagal semuanya. Dalam negatif film, muncul sosok mengejutkan yang sering disebut Nyai Roro Kidul.

Kepercayaan terhadap figur Nyai Roro Kidul cukup kuat dan mengakar di kalangan nelayan Pantai Selatan.

Bahkan Sri Sultan Hamengku Buwono IX dalam Tahta Untuk Rakyat disebutkan bisa melukiskan sosok legenda tersebut. Mengenai wujud asli Nyai Roro Kidul, Sri Sultan menjelaskan, 'pada waktu bulan sedang naik, Eyang Ratu Kidul akan nampak sebagai gadis yang sangat cantik. Sebaliknya apabila bulan menurun, ia akan tampil sebagai wanita yang makin tua."

Kisah Nyai Roro Kidul memang banyak ditulis para pujangga terdahulu, bahkan di Babad Tanah Jawi juga disinggung mengenai keberadaan putri yang selalu mengenakan baju hijau itu.

Dalam penjelasan Babad Tanah Jawi secara tegas menyiratkan bahwa Nyai Roro Kidul pernah berjanji kepada Panembahan Senapati bahwa akan menjaga Kerajaan Mataram, para sultan, keluarga kerajaan, dan masyarakat dari malapetaka. Hal inilah yang membuat kepercayaan masyarakat di pesisir pantai selatan semakin kuat terhadap sosok Nyai Roro Kidul.

[Sumber: Merdeka]