5 MAKANAN AMPUH PULIHKAN ENERGI





TIDUR saja tidak cukup saat Anda mengalami kelelahan. Anda sebaiknya juga mengasup makanan yang bisa mengembalikan energi dengan cepat.

Berikut lima makanan yang secara alami mampu membantu memulihkan stamina Anda yang sedang menurun. Makanlah sebagai upaya pemulihan atau konsumsi secara rutin untuk menjaga ketahanan tubuh.

Simak ulasan berikut, seperti disitat Times of India, Jumat (17/2/2012).

Kiwi

Walaupun ukurannya tergolong mungil, buah ini memiliki banyak nutrisi seperti vitamin C, kalium, dan phytonutrient (fitonutrien). Kiwi pun memiliki lebih banyak serat di dalamnya jika dibandingkan dengan apel dan pisang.

Fitonutrien yang ada di dalamnya sangat baik untuk orang yang memiliki penyakit jantung, kanker, atau penyakit pernapasan. Karena fitonutrien secara alami mengencerkan darah yang membantu dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan tekanan darah dalam tubuh.

Untuk mendapatkan hasil terbaik dengan memakan kiwi, ada cara mudahnya. Segera makan setelah kiwi dipotong karena mengandung enzim yang bersifat akan cepat hilang sekali terkena udara.

Ceri

Buah ceri mengandung antioksidan dan vitamin. Walaupun memiliki sedikit tinggi kadar gula alami, tapi sangat rendah karbohidrat dan merupakan sumber serat penting.

Kacang

Selain serat, kacang juga kaya akan vitamin, mineral dan nutrisi. Mereka memiliki tingkat indeks glikemik rendah yang membantu dalam mengatur kadar gula darah dan produksi insulin.

Kacang juga memberikan jumlah yang tinggi antioksidan bagi tubuh. Diperkaya dengan kalium, magnesium B1, vitamin dan B2, serta vitamin K. Mereka juga merupakan sumber asam lemak omega-3. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan kacang, kosumsilah dua porsi kacang yang disajikan dengan tidak digoreng setiap pekan.

Bayam

Bayam merupakan sumber yang kaya serat, vitamin A dan C bersama dengan asam folat. Bayam merupakan sumber makanan utama ketika menghadapi saat-saat buang air besar seperti sembelit karena tingginya serat bayam.

Bayam juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan saluran pencernaan yang sehat. Selain itu, untuk melindungi diri dari penyakit jantung, kanker prostat dan payudara, bayam dapat dijadikan menu andalan karena sifatnya yang antiinflamasi.

Tak lupa, bayam pun memuat vitamin K yang membantu dalam membangun tulang yang kuat. Anda harus mengonsumsi 400 gram bayam sekali setiap beberapa pekan

Wortel

Wortel kaya antioksidan memiliki vitamin A sangat baik. Terkenal untuk memperbaiki penglihatan dan membantu dalam memertahankan tekanan darah normal juga.

Tak hanya itu, wortel kaya karotenoid yang dikenal untuk mengurangi risiko penyakit mata dan kanker payudara pascamenopause. Anda harus bertujuan makan satu wortel per hari, karena membantu dalam merangsang sistem kekebalan tubuh dengan mempromosikan kesehatan usus besar, serta mendukung kesehatan telinga dan mata. Wortel baik untuk dikonsumsi dalam keadaan mentah atau setengah matang.