CARA PINTAR AJARKAN ANAK HIDUP HIGIENIS


Anak belajar menyikat gigi (Foto: Corbis)

MENJAGA hidup senantiasa sehat harus ditanamkan kepada anak sejak dini. Pasalnya, kebiasaan positif itu akan melekat padanya hingga usia dewasa. 
Kebiasaan seperti mandi setiap hari, menyikat gigi, sering cuci tangan, serta memakai pakaian bersih nantinya dilakukan anak sendiri, tanpa harus diberitahu. Karenanya, anak sudah mulai dilatih mandiri untuk menjaga kesehatannya. 


Berikut kiat-kiat yang bisa Anda lakukan agar dapat melatih anak hidup higienis sejak dini, sebagaimana dilansir Ehow, Senin (13/2/2012).

Biarkan dia mencontoh

Biarkan anak-anak menonton Anda menyikat gigi di pagi dan sore hari. Anak-anak belajar dengan melihat Anda.

Buat rutinitas

Buatlah poster warna-warni atau diagram yang berisi daftar kegiatan yang harus diselesaikan dan memungkinkan anak memasang stiker di samping setiap kegiatan selesai. Anak-anak belajar melalui pengulangan, menempel, pada rutinitas harian yang sama. Cara itu efektif membuat anak-anak menjadikan hal-hal tersebut sebagai rutinitas.

Diskusikan cara memakai sabun yang benar

Beritahu anak Anda untuk mencuci tangan menggunakan air hangat dan menyabuninya setidaknya 15 detik. Untuk bikin mencuci tangan lebih menyenangkan, Anda bisa membeli sabun tangan beraroma.

Jelaskan pentingnya membersihkan gigi

Apakah dia memilih sikat gigi dan pasta giginya sendiri? Biarkan dia memilih rasa kesukaannya agar menyikat gigi lebih menyenangkan bagi mereka.

Bertahap

Jangan ekspektasi terlebih dahulu anak Anda akan menyiapkan bajunya sendiri sebelum mandi, atau mencari di mana letak sikat giginya sebelum akan masuk kamar mandi. Pasalnya, usia anak hanya senang membantu Anda memilih baju tidur kesukaannya, bukan menyiapkannya. Lakukan pelajaran secara bertahap.

Riangkan hatinya

Nyanyikan lagu bersamanya, bermain dengan mainan-mainan mandi seperti bebek-bebekan atau bola-bola kecil, sementara sedang menyabuninya di bak. Waktu mandi mainan seperti bermain busa yang menempel ke dinding ketika basah menjadi hiburan bagi anak Anda.