BARCELONA MENGUBUR ASA LEVERKUSEN


Pemain Barcelona merayakan kemenangannya atas Bayer Leverkusen di leg pertama 16 besar Liga Champions (Foto: Daylife)


LEVERKUSEN – Sang jawara bertahan, Barcelona masih tak terbendung. Bahkan Barca sukses menyungkurkan raksasa Westphalia, 3-1 di leg pertama babak 16 besar Liga Champions, dini hari ini. Dengan begitu, Barca menjejakkan satu kakinya ke perempat final.

Jalannya babak pertama relatif alot, Barcelona kesulitan menembus pertahanan Leverkusen yang bermain disiplin. Serapih apapun Barca membangun serangan, tim tuan rumah selalu punya cara untuk menetralisir keadaan dengan lugas.

Permainan keras pun tak jarang terjadi, kendati tak berbuah banyak kartu kuning. Peluang pertama Barca terjadi di menit ke-12 lewat tendangan bebas Daniel Alves. Meski mendapat ruang tembak yang cukup, tapi tendangan Alves hanya melambung di atas mistar gawang Leverkusen yang dikawal Bernd Leno.

Gol pembuka akhirnya lahir di menit ke-41. Lionel Messi mengirim assist tajam ke pertahanan Leverkusen. Alexis Sánchez yang berlari kencang dari belakang barisan tengah Leverkusen, lepas dari jebakan offside. Sontekannya berhasil melewati sela-sela kaki Leno dan papan skor pun berubah 1-0 untuk tim tamu yang bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, laga mulai berjalan lebih seru. Leverkusen mulai memberi perlawanan, setelah di babak pertama terlalu fokus bertahan. Manuel Friedrich yang melakukan overlap, sempat membuat ketar-ketir Barca di menit ke-48.

Umpan dari lini tengah, nyaris membuat bek internasional Jerman itu mencetak gol penyeimbang. Sayang, sodokan kaki kanannya gagal mengarahkan bola ke gawang Barca yang kali ini dikawal Víctor Valdés.

Penguasa kawasan Westphalia itu akhirnya berhasil menorehkan gol penyeimbang di menit ke-52. Berawal dari umpan panjang Vedran Corluka di sisi kiri pertahanan Barca, Michal Kadlec yang unggul postur mampu memenangkan duel bola atas dengan Alexis Sánchez. Tandukannya pun mengoyak sarang Valdes, dan merubah skor 1-1 hingga dua menit ke depan.

Skor 1-1 tak bertahan lama, pasalnya Alexis kembali membuat Torwart (kiper) Leverkusen memungut bola untuk yang kedua kalinya di menit ke-57. Alexis yang lagi-lagi lepas dari kawalan Manuel Friedrich, sukses menyambut umpan Fàbregas dan kembali menceploskan si kulit bundar ke gawangWerkself dan mengubah skor 2-1 untuk keunggulan tim tamu.

Leverkusen kembali menebar ancaman di menit ke-65. Gonzalo Castro nyaris kembali menyamakan skor, jika saja tendangan kaki kirinya nya tak membentur tiang gawang sebelah kiri dari gawang Barca.

Sang mega bintang, Lionel Messi seakan enggan ketinggalan untuk memperlihatkan aksi cantiknya dini hari ini. Di menit ke-73, El Messiah nyaris mengkonversi aksi magisnya. Messi sempat melewati hadangan barisan belakang Leverkusen dengan gemilang. Bahkan sontekannya memperdaya kiper Leno, sayang sontekannya hanya membentur gawang sebelah kiri Leverkusen.

Stürmer Leverkusen yang baru masuk, Stefan Kieβling hampir kembali merobek gawang Valdés. Papan skor bisa saja kembali berubah jika tandukan Kieβling yang berawal dari assist Gonzalo Castro tak mampu diamankan dengan mantap oleh Valdés di menit ke-78.

Alexis nyaris mencetak hattrick dini hari ini di menit ke-84. Tandukan tipisnya yang berawal dari sepak pojok, hampir merubah kedudukan lagi. Tapi kali ini Leno gagal diperdaya Alexis untuk ketiga kalinya, Leno dengan gemilang menyelamatkan sundulan Alexis.

Barcelona akhirnya sukses mengubur tuan rumah hidup-hidup, setelah Messi menorehkan gol ketigaAzulgrana. Lewat umpan yang disodorkan Daniel Alves, Messi yang sudah berada di depan mulut gawang, dengan mudah menyodok bola ke gawang Leno yang sudah mati langkah.

Hingga wasit Craig Thomson dari Skotlandia meniupkan peluit panjang, Barca tetap unggul 3-1. Dengan begitu, langkah Barca kian enteng jelang menjamu lawan yang sama di Camp Nou, 8 Maret mendatang.

Susunan Pemain:
Bayer Leverkusen: Bernd Leno, Manuel Friedrich, Michal Kadlec, Vedran Corluka/Danny Da Costa (91’+1), Daniel Schwaab, Stefan Reinartz, Gonzalo Castro, Simon Rolfes/Stefan Kieβling (77’), Renato Augusto, Lars Bender, André Schürrle/Karim Bellarabi (90’)

Barcelona: Víctor Valdés, Carles Puyol, Eric Abidal, Daniel Alves, Adriano Correia/Pedro Rodríguez (70’), Javier Marcherano, Francesc Fàbregas, Andrés Iniesta/Thiago Alcântara (60’), Sergio Busquets, Lionel Messi, Alexis Sánchez/Isaac Cuenca (86’)