RAHASIA DIBALIK DINDING APPLE


Ilustrasi (Foto: Reuters)


LONDON - Seperti diketahui Apple memang salah satu perusahaan yang sangat menjaga rahasia tentang produknya, sebelum akhirnya diluncurkan. Itu bisa terlihat tentang rumor iPad terbaru yang kian santer terdengar, tanpa ada satu pun dari pihak Apple yang 'membocorkan' tentang perangkat tersebut.

Kini setidaknya melalui sebuah buku yang baru dirilis di Inggris beberapa waktu lalu, bisa memberikan pemahaman mengenai 'kehidupan' karyawan Apple dan kejadian dibalik dinding kantor Apple. 

"Apple tidak pernah berbicara tentang Apple. Apple berbicara tentang produk Apple," ujar penulis buku Inside Apple dan editor Fortune Magazine, Adam Lashinsky, seperti dilansir dari Telegraph, Kamis (9/2/2012).

Menurut Lashinsky, bagi orang yang menjadi karyawan Apple maka mereka harus meninggalkan ego mereka. Dikatakan Lashinsky, hanya satu orang yang diperbolehkan untuk memperlihatkan ego di depan publik dan dia adalah Steve Jobs, pendiri sekaligus mantan CEO Apple.

"Ini adalah tempat yang sulit untuk bekerja dan lingkungan kerja yang sangat menuntut," kata Lashinsky.

Layaknya bagian dari sebuah puzzle, seperti itulah karyawan Apple dan satu-satunya orang yang tahu bagaimana menyesuaikan setiap bagian tersebut adalah CEO, peran yang Stve Jobs serahkan pada Tim Cook tahun lalu.

Lashinsky juga mengatakan mengenai satu-satunya tempat di mana iPad atau iPhone berikutnya dibicarakan, yaitu sebuah ruangan tanpa jendela. Bahkan Senior Vice President memasuki ruangan tersebut hanya untuk mendiskusikan peran mereka dalam sebuah desain, sebelum akhirnya diminta untuk meninggalkan ruangan.

Setelah sekian lama ditunggu, yaitu hari peluncuran produk maka karyawan Apple berkumpul untuk mencari tahu seperti apa produk terbaru tersebut. Maka ketika itu, mereka akan sama terkejutnya seperti orang lain, meski telah membantu membuat produk tersebut.

Menurut Lashinsky, rahasia merupakan hal yang wajib dipegang erat oleh karyawan Apple. Siapa pun yang ketahuan mengungkapkan rahasia Apple, baik itu tidak disengaja atau pun disengaja akan segera diatasi dengan keputusan yang tegas, yaitu pemutusan hubungan kerja atau pemecatan.

Dalam buku itu, satu karyawan mengingat betapa dia seperti memiliki mimpi buruk atas ancaman yang dibuat untuk karyawan tentang pelangaran rahasia.

"Jobs mengatakan, 'Apa pun yang diungkapkan dari pertemuan ini, bukan hanya pemutusan hubungan (pemecatan) tapi juga penuntutan semaksimal yang bisa dilakukan pengacara kami'. Itu membuat saya sangat tidak nyaman," kata karyawan itu pada Lashinsky.

Tapi menurut Lashinsky 'perawatan' keras Apple terhadap pekerjanya, merupakan bagian dari rumus sukses, bagi sebuah perusahaan yang begitu dihormati untuk inovasi yang dimiliki.

Seperti yang pernah dikatakan oleh Tim Cook, "Bagian dari keajaiban Apple. Saya tidak akan membiarkan ada yang mengetahui 'sihir' kami karena saya tidak ingin ada yang menyalinnya."