SELANGKAH LAGI BARCA!


Bungkam Valencia 2-0 (agg 3-1) Barcelona maju ke final Copa del Rey.(Foto: Getty Images)


BARCELONA – Tak kurang dari 90 menit, jarak Barcelona dari trofi Copa del Rey. Sukses membungkam Valencia dengan agregat 3-1, Barca maju ke final dan sudah dinanti lawan terakhir, Athletic Bilbao.

Di babak pertama, Sofiane Feghouli membuka ancaman di menit ke-12. Tapi sayang, sepakannya hanya tipis ke sebelah kiri gawang José Pinto. Perlahan, tuan rumah mampu membalikkan possession bola dan permainan.

Barca memiliki peluang pertama di menit ke-16 melalui aksi Francesc Fábregas yang mendapat assistdari Lionel Messi. Setelah berduel dengan bek Valencia, tak diduga Fabregas mampu mengkonversi peluangnya menjadi gol. Skor 1-0 untuk tuan rumah.

El Messiah menjadi momok bagi Kelelawar Mestalla. Tendangan bebasnya di menit ke-26, nyaris kembali menggandakan keunggulan. Beruntung Alves masih mampu membendung sepakan keras mendatar Messi.

Valencia benar-benar dalam tekanan dan dominasi Barca. Di menit ke-31, Fábregas yang terlibat kemelut di depan gawang Valencia, menyepak bola yang menghampirinya. Lagi-lagi Alves mampu menyelamatkan gawang Valencia. Skor 1-0 untuk Barca bertahan hingga jeda.

Memasuki 45 menit kedua, Valencia mulai mengambil inisiatif serangan lebih dulu. Jordi Alba dan Aritz Aduriz nyaris menyamakan kedudukan di menit ke-47. Tendangan Alba yang dimentahkan Pinto, liar menuju kaki David Albelda yang langsung kembali mengirim umpan. Sayang tandukan Aduriz mampu diamankan Pinto.

Messi punya kesempatan emas di menit ke-55 untuk memperbesar keunggulan. Sayang, akselerasinya mampu diganggu bek Valencia, sehingga sontekannya dengan mudah ditepis Alves keluar gawang.

Aduriz kembali punya kesempatan emas di menit ke-59 untuk menyeimbangkan kedudukan. Tapi sontekannya yang sudah melewati Pinto yang keluar sarang, masih mampu diamankan Javier Mascherano yang mengejar bola sebelum masuk ke gawang.

Valencia terpaksa bermain dengan 10 orang, usai Feghouli melakukan pelanggaran keras. Feghouli yang sudah menerima kartu kuning sebelumnya, harus dikeluarkan wasit David Fernandez Bobalan di menit ke-76.

Barca yang memiliki keuntungan, sukses menggandakan keunggulan di menit ke-81. Berawal dari aksi Lionel Messi dan Alexis Sánchez yang memberi sodoran bola ke Fabregas, sempat ditahan dan akhirnya dengan tidak egois, mantan kapten Arsenal itu memberikan bolanya lagi kepada Xavi Hernández yang berdiri bebas. Tanpa ragu Xavi menempatkan bola ke kanan gawang hingga tak mampu dijangkau Alves. Skor 2-0 untuk Barcelona.

Valencia sempat kembali membalas serangan dan hampir memperkecil keunggulan di menit ke-83 lewat sepakan bebas Tino Costa. Beruntung Pinto masih mampu memetik tendangan keras Tino Costa.

Messi lagi-lagi mencoba menggetarkan gawang Valencia di menit ke-85. Messi yang kembali mendapat tendangan bebas, sempat mengarahkan bola ke sudut sempit, tapi Alves masih mampu menghalaunya.

Skor pun tak berubah lagi hingga akhir pertandingan dan menjadikan agregat 3-1 untuk kemenangan Barcelona. Di final nanti, Blaugrana sudah ditunggu Athletic Bilbao yang menang agregat 8-3 atas Mirandés.

Susunan Pemain:
Barcelona: José Pinto, Carles Puyol, Eric Abidal, Gerard Piqué, Javier Mascherano, Francesc Fábregas/Andrés Iniesta (90’+2), Xavi Hernández, Thiago Alcântara, Lionel Messi, Alexis Sánchez/Daniel Alves (86’), Isaac Cuenca/Christian Tello (98’)

Valencia: Diego Alves, Miguel Brito, Jérémy Mathieu, Adil Rami, Jordi Alba, Victor Ruíz, David Albelda/Dani Pareja (85’), Éver Banega/Tino Costa (69’), Sofiane Feghouli, Aritz Aduriz, Jonas Oliveira/Pablo Piatti (79’)

[Sumber: Okezone]