MITOS MENYUSUI YANG SALAH & DAMPAKNYA PADA BAYI


Ketika hamil dan menyiapkan diri untuk melahirkan, tidak sedikit wanita yang merasa takut untuk menyusui. Ketakutan tersebut biasanya karena wanita mendengar mitos-mitos yang salah mengenai menyusui.



Ada banyak mitos menyusui yang salah dan berdampak pada gagalnya bayi mendapatkan ASI eksklusif dari ibunya dan diganti susu formula. Padahal sudah banyak penelitian yang menyebutkan kelebihan ASI dibanding susu formula, misalnya saja anak akan tumbuh menjadi lebih pintar dan tidak mudah sakit.

Mitos-mitos salah mengenai menyusui di antaranya payudara turun, ibu jadi gemuk, ASI ibu tidak cukup hingga makanan-makanan apa saja yang harus dimakan agar ASI melimpah. Pada liputan khusus kali ini wolipop mencoba menelaah mengenai kebenaran mitos-mitos tersebut. Anda bisa membaca sendiri di sini, apakah memang benar menyusui bisa membuat payudara wanita turun. Para ibu menyusui juga bisa mengetahui olahraga apa yang tepat agar payudara tetap kencang setelah melahirkan.

Bagi ibu menyusui yang punya masalah berat badan, wolipop pun menanyakan kepada ahlinya bagaimana seharusnya pola makan yang benar. Bicara mengenai makanan, sebenarnya bukan hanya hal itu saja yang bisa membuat ASI ibu jadi melimpah. Deputy Chairwoman Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), Nia Umar menjelaskan di sini, apa yang lebih penting dari makanan untuk menentukan keberhasilan menyusui.

Dengan semakin canggihnya teknologi, ibu kini tidak perlu takut lagi gagal menyusui. Selama memiliki informasi yang cukup, hambatan dan rintangan apapun bisa dilalui untuk memberikan bayi ASI.

Model seksi Miranda Kerr pernah bilang: "To me breastfeeding is the most natural thing in the world and I love it and the bonding time we have during these precious and beautiful moments".

Menyusui memang aktivitas paling natural yang bisa dilakukan ibu pada bayi. Seperti kata Miranda, momen menyusui itu tidak akan pernah Anda lupakan karena di saat itulah bonding dengan anak bisa tercipta. Happy breastfeeding...

[Sumber: Wolipop]