HINDARI 5 KESALAHAN BERIKUT AGAR TIDUR LEBIH NYENYAK


Kualitas tidur di malam hari berpengaruh terhadap kinerja Anda keesokan harinya. Mengingat pentingnya waktu tidur yang cukup dan tidur yang berkualitas, Anda perlu menghindari beberapa kesalahan yang dapat mengganggu tidur.

Susah Tidur

Seperti dilansir besthealth, Kamis (25/10/2012), hindari 5 kesalahan berikut agar Anda dapat tidur dengan nyenyak:

1. Begadang di akhir pekan
Kebanyakan orang ingin menghabiskan malam di akhir pekan dengan berkumpul bersama teman-teman setelah seminggu bekerja keras. Biasanya orang akan mengganti tidurnya di pagi hari dan akan bangun di siang hari.

Hal ini dapat mengacaukan jam biologis Anda dan berpengaruh terhadap kebiasaan tidur Anda di hari berikutnya. Sehingga Anda akan merasa kelelahan karena tidur yang buruk dan tidak bersemangat ketika kembali bekerja.

Tidurlah pada jam yang sama setiap hari agar tidak mengganggu jam biologis Anda dan pastikan untuk memenuhi waktu tidur sebanyak 7 sampai 8 jam per hari.

2. Melakukan pekerjaan sebelum tidur
Menurut National Sleep Foundation, kebanyakan orang memanfaatkan 60 persen waktunya sebelum tidur dengan melakukan pekerjaan rumah tangga, 37 persen waktunya untuk mengurus anak, 36 persen melakukan kegiatan dengan anggota keluarga lainnya, 36 persen menggunakan internet, dan 21 persen menyelesaikan pekerjaan kantor.

Tetap bekerja hingga satu jam sebelum tidur dapat menyebabkan tubuh kurang siap untuk diistirahatkan dan akan terjaga sejenak. Kurangi aktivitas sebelum tidur atau lakukan aktivitas ringan seperti membaca buku, mendengarkan musik lembut atau mandi agar tubuh lebih santai dan siap untuk beristirahat.

3. Terlalu asik dengan ponsel Anda
Terlalu banyak menghabiskan waktu untuk mengutak-atik ponsel pintar atau smartphone dapat mengganggu tidur Anda. Teknologi ponsel yang kian canggih menawarkan berbagai kemudahan seperti layanan email, jejaring sosial, dan beragam permainan yang dapat menghibur Anda.

Sayangnya, tetap memeriksa ponsel sebelum tidur meski sekadar untuk memeriksa email atau mencari hiburan melalui jejaring sosial dapat membuat Anda terlalu larut ke dalam aktivitas tersebut, sehingga mengganggu waktu tidur. Untuk itu, matikan ponsel Anda atau non-aktifkan nada deringnya sebelum tidur agar Anda dapat tidur dengan nyenyak.

4. Berolahraga tepat sebelum tidur
Meskipun olahraga dan berkeringat, namun aktivitas ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Tetapi jika olahraga dilakukan tepat sebelum tidur dapat membuat Anda merasa kelelahan keesokan harinya.

Pastikan untuk menjadwalkan olahraga setidaknya 3 jam sebelum tidur agar memberikan waktu bagi tubuh untuk beristirahat dan bersantai sejenak sebelum Anda tidur.

5. Minum kopi sebelum tidur
Minum kopi sebelum tidur dapat membuat Anda terjaga di malam hari. Minum kopi atau teh di malam hari adalah ide yang sangat buruk karena kafein dalam minuman tersebut dapat mengganggu tidur REM (Rapid eye movement) yaitu gerakan mata cepat yang merupakan tahapan normal tidur dan membuat Anda merasa kelelahan ketika bangun di pagi hari.

Lebih baik minum susu hangat sebelum tidur daripada minum minuman berkafein. Minum susu dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak.