SENAD HADZIC: PERGI HAJI DARI BOSNIA KE MEKKAH DENGAN BERJALAN KAKI


SENAD Hadzic, 47 tahun, melakukan perjalanan ibadah haji seorang diri dari Bosnia ke Mekkah. Yang membuat ia sangat istimewa, ia melakukan Rukun Islam yang ke-5 itu dengan berjalan kaki.


Senad Hadzic

Senad memulai perjalanan hajinya pada Desember 2011, dan Senin (22/10/2012) kemarin, ia sudah tiba di Mekkah dengan selamat. Ia melewati tujuh negara, termasuk Suriah yang sedang dilanda perang.

“Saya tiba di Mekkah pada hari Sabtu. Saya tidak lelah, ini adalah hari terbaik dalam hidup saya,” kata Senad.

Jika dihitung, maka Senad sudah melewati sekitar 5.700 kilometer (3.540 mil) dan menghabiskan 314 hari berjalan melalui Bosnia, Serbia, Bulgaria, Turki, Suriah dan Yordania hingga akhirnya ke Mekkah. Ia menggendong ransel seberat 20 kilogram.

“Saya melewati Suriah pada bulan April. Saya berjalan sekitar 500 kilometer dalam 11 hari. Saya berangkat melalui Aleppo dan Damaskus dan melewati puluhan check-point yang dijaga oleh pasukan pro-pemerintah dan para pejuang Suriah, tapi saya tidak pernah ditahan,” aku Hadzic.

“Pada sebuah check-point yang dijaga oleh pasukan Bashar al-Assad, saya diperintahkan untuk mengosongkan ransel … Ketika saya menunjukkan Quran saya dan menjelaskan kepada mereka bahwa sedang saya melakukan ibadah haji dengan berjalan kaki, mereka membiarkan saya pergi,” katanya kepada AFP.

“Saya berjalan atas nama Allah, untuk Islam, untuk Bosnia-Herzegovina, untuk orangtua saya dan kakak saya,” tambahnya.