PEMANDANGAN GUA ES TERBESAR DI DUNIA


Bertualang di dalam gua batu saja, udara dingin dan lembab sudah sangat terasa. Apa jadinya, bila kita masuk ke dalam gua es terbesar di dunia, seperti Eisriesenwelt di Werfen, Austria. Dinginnya sampai ke tulang.


Stalaktit yang menjuntai di atas langit-langit gua

Wisatawan yang mengikuti tur menjelajah gua es Eisriesenwelt

Selain stalaktit gua ini juga dihiasi dengan stalakmit

Traveler Menaiki Cable Car

Menyusuri Jalan Yang Cukup Jauh

Berjarak sekitar 70 km dari Salzburg, Austria, wisatawan bisa menemukan sebuah gua es, bernama Eisriesenwelt. Gua yang terbentuk sejak ribuan tahun ini ditemukan di bawah Gunung Hochkogel, Styria.

Dari situs resmi Eisriesenwelt Werfen tertulis, Eisriesenwelt merupakan gua es terbesar di dunia. Gua es ini mempunyai luas lebih dari 42 km2.

Gua es Eisriesenwelt terbentuk dari aliran air Sungai Salzach. Ketika musim dingin tiba, aliran udara yang dingin masuk menyelimuti gua, menyebabkan air yang mengalir membeku perlahan. Air-air yang membeku ini membentuk stalaktit dan stalakmit di sepanjang gua.

Mulanya, Austria tidak pernah mengeksplor gua es Eisriesenwelt. Hal ini dikarenakan, gua bersuhu rendah ini dianggap sebagai pintu masuk neraka yang bisa membuat apapun membeku di dalamnya. Sampai akhirnya pada tahun 1879, seorang bernama Anton Posselt menjelajahi dingin dan dalamnya gua ini. Sejak saat itu, pada tahun 1920-an barulah Eisriesenwelt dibuka untuk umum.

Namun sayang, saat menjelajah gua ini, traveler yang datang hanya boleh masuk sejauh 1 km saja. Selebihnya, traveler tidak bisa memasuki lorong gua yang terbentuk oleh batuan kapur.

Untuk memasuki gua ini traveler juga dikenakan biaya 20 Euro atau sekitar Rp 250.000. Disebabkan semakin banyak wisatawan yang datang, kini pihak pengelola juga melayani pemesanan tiket secara online.

Dengan harga yang tiket yang relatif murah, traveler bisa mengelilingi gua selama 1 jam 15 menit. Eits, sebelum sampai di pintu gua traveler harus menempuh perjalanan yang cukup menguras tenaga.

Untuk sampai di mulut gua, pertama traveler harus menggunakan kereta gantung untuk sampai di Oedl Haus, sebuah gubuk tradisional yang dibangun sebagai pintu masuk menuju gua. Selanjutnya, traveler harus mendaki setinggi 134 meter untuk sampai di mulut gua. Eits, tak perlu khawatir, di sini sudah disediakan anak tangga jadi cukup memudahkan.

Tur pun dimulai dari bagian gua yang disebut Posselt Hall. Titik ini merupakan sebuah ruangan besar dengan stalakmit yang disebut Posselt Tower. Kemudian perjalanan kembali dilanjutkan sampai wisatawan melihat sebuah salib yang menandakan titik terjauh dari perjalanan Anton Posselt.

Di titik terjauh ini, traveler bisa melihat formasi es dalam bentuk yang sangat besar dengan tinggi sekitar 25 meter. Selanjutnya, perjalanan Anda menjelajah gua es ini akan berakhir di sebuah tempat yang dinamakan Ice Palace. Lokasi ini berada di kedalaman 1 km pertama Eisriesenwelt.

Dalam situs yang sama, traveler yang ingin datang dan merasakan dinginnya Eisriesenwelt hanya bisa datang mulai dari 1 Mei sampai 28 Oktober mendatang dan begitu setiap tahunnya. Perjalanan menyusuri gua es ini dimulai pada pukul 09.00 sampai 16.30 waktu setempat pada bulan Juli dan Agustus, dan 09.00 sampai 15.30 waktu setempat pada bulan Mei, Juni, September, dan Oktober.

Bila Anda menjadi wisatawan beruntung yang bisa menjelajah Gua Eisriesenwelt, sangat diwajibkan untuk memiliki tubuh yang sehat dan kuat dengan suhu dingin. Jangan lupa untuk membawa jaket super tebal karena udara di dalam gua sangat dingin.