INGIN PANJANG UMUR, IKUTI CARA INI



SIAPA yang tak mau berumur panjang? Hmmm...pasti semua mau. Nah, United Healthcare Medical Organization, baru-baru ini, menggelar survei terhadap 100 warga Amerika Serikat berumur panjang untuk berbagi rahasia.

Hasilnya, ternyata orang AS yang berumur sampai satu abad adalah mereka yang dua kali lebih aktif dari anak muda. Mereka mempelajari penggunaan teknologi terbaru, komputer, handphone, dan perangkat permainan.

Tak cuma itu, mereka juga selalu berusaha berkomunikasi dengan keluarga dan teman-teman saban hari. Termasuk pula mengamati perkembangan berita terkini tentang sosial, budaya, dan keuangan.

Mereka juga mengaku selalu mengonsumsi makanan sehat. Sebanyak 41 persen partisipan mengatakan, gemar berlatih fisik seperti berjalan kaki. Enam persen responden latihan Tai Chi, yoga atau meditasi.

Sebanyak 4 persen responden lainnya bersepeda, sementara 5 persen lainnya aktif bermain basket, tenis, baseball, dan sepak bola.

Data terakhir U.S. Census Bureau, ada sekitar 84 ribu warga AS berumur panjang. Angka itu ditaksir meningkat pada 2040, sampai tujuh kali lipat atau 580 ribu orang.

Para penulis menyimpulkan, aktivitas fisik dan semangat berkomunikasi secara emosional adalah kunci agar bisa berumur panjang.