5 HAL YANG INDONESIA KALAH DARI MALAYSIA


Serumpun tapi tak rukun, inilah gambaran hubungan antara Indonesia dan negara tetangganya Malaysia. Gregetnya lagi, Malaysia yang selalu mencari gara-gara dengan mengklaim kebudayaan Tanah air kini malah memiliki kelebihan di banding Indonesia.

Indonesia & Malaysia

Militer

Secara kuantitas Indonesia mempunyai jumlah militer jauh lebih besar dari Malaysia. Pengamat Pertahanan Negara dari Universitas Indonesia Connie Rakahundini Bakrie dalam bukunya berjudul Pertahanan Negara dan Postur TNI Ideal juga menyebutkan Indonesia lebih unggul dalam persenjataan.

Namun faktanya Indonesia masih kalah dari Malaysia yang bergabung dalam Perjanjian Pertahanan Lima Kekuatan (FPDA) yang anggotanya terdiri dari tentara Inggris, Australia, Singapura dan Selandia Baru. Jika Malaysia diserang, militer empat anggota FPDA bakal membantu.

Umur

asil survey Badan Intelijen Amerika Serikat (CIA) melalui publikasi tahunan mereka World Factbook memperlihatkan umur orang Malaysia lebih panjang daripada Indonesia.

Jika rata-rata orang Malaysia bisa hidup sampai 74,04 tahun, maka umur orang Indonesia lebih pendek yakni 71,62. Bisa jadi ini disebabkan kemakmuran rakyatnya, Indonesia kaya tapi bagaimana rasa kemakmuran mayoritas rakyatnya belum merasakan.

Bola

Masih terasa ya sedihnya, dimana Tim Nasional Indonesia ditekuk 2-0 oleh Malaysia di Piala Federasi Sepak Bola Negara Asia Tenggara (AFF) Sabtu (1/12) lalu. Tapi seperti kata pepatah lakon menang keri (pahlawan selalu menang belakangan) harus tetap semangat tentunya.

Korupsi

Transparency Internasional mengumumkan Indonesia turun 18 peringkat dan berada di urutan 118 Indeks Persepso Korupsi (CPI) 2012. Sementara Malaysia jauh di atas Indonesia dengan peringkat 54.

Kalau Malaysia mau, ambil aja budaya ini dari Indonesia, ikhlas tentunya.

Pendapatan perkapita

Sabtu, 08 Desember 2012 09:30
Satu lagi kekalahan Indonesia dari Malaysia yakni pendapatan perkapita. Hingga 2011 Indonesia hanya meraih USD 3.425 sementara Malaysia sudah di angka lebih dari USD 9.000.

Inilah ya yang menjadi salah stau faktor umur mereka lebih panjang.