MENGAPA MANUSIA MENANGIS?


Mengapa Manusia Menangis - SEPERTI halnya lendir menjebak bakteri, Anda bisa mengeluarkannya dari hidung. Dan seperti air seni dan tinja menghilangkan kotoran, air mata juga memiliki tujuan yang berguna.

Menangis

Manusia memiliki beberapa jenis air mata. Mau tahu apa sajakah itu? Berikut ini ulasannya, seperti yang dijabarkan Dr. Mehmet C Oz, MD, dalam bukuMenjadi Remaja Sehat.

Air mata basal

Air mata ini diproduksi secara terus-menerus untuk menjaga kelembapan mata, melumasi, dan mencegah kerusakan oleh angin, debu, tanah, dan sebagainya.

Air mata iritasi

Ini bukanlah air mata yang keluar lantaran ada yang menyakiti Anda, melainkan ketika mata terkena angin, pasir, serangga, batu, atau benda asing lainnya. Air mata basal dan iritasi sama-sama memiliki tujuan yang sama, yaitu melindungi mata.

Air mata emosional

Air mata ini akan muncul selama peristiwa yang sangat melibatkan perasaan, terkadang bahagia, tetapi lebih sering keluar karena adanya kesedihan. Tidak seperti air mata basal dan iritasi, air mata emosional membawa pergi hormon stres.

Namun, apakah air mata itu disebabkan oleh hormon stres? Hormon utama yang meningkat dengan stres dan dikaitkan dengan menangis adalah prolaktin. Kadar prolaktin meningkat ketika Anda mengalami peristiwa yang menyedihkan.

Secara keseluruhan, wanita lebih sering menangis daripada pria (mungkin empat kali lebih sering, menurut penelitian). Wanita memiliki prolaktin 60% lebih banyak daripada pria.

Meskipun menangis mungkin terlihat memalukan, tangisan merupakan sinyal bahwa Anda telah mencapai tingkat stres yang merugikan kesehatan jika Anda tidak menemukan cara untuk mengatasinya. Menangis tidak masalah, bahkan mungkin memiliki pengaruh terapi.