5 PENYAKIT YANG SERING MUNCUL SAAT LIBURAN


Penyakit Saat Liburan - Saat merencanakan liburan, kebanyakan orang hanya fokus pada kegiatan seru dan destinasi menarik sehingga mengesampingkan kesehatan. Padahal ada beberapa penyakit yang mengintai kita semua saat sedang travelling.

Penyakit Saat Liburan

Ketika pergi berlibur, orang cenderung menghabiskan waktu berjam-jam di perjalanan yang dapat membuat kekebalan tubuh menurun. Belum lagi penggunaan fasilitas umum dan kontak dengan banyak orang. Artinya Anda terpapar banyak kuman yang bisa mengakibatkan tubuh lebih mudah terserang penyakit infeksi.

Seperti yang dikutip dari detikhealth, ada beberapa penyakit yang seringkali muncul saat liburan. Apa saja?

1. Infeksi Saluran Pernapasan
Ini merupakan salah satu penyakit yang menyerang ketika seseorang sedang pergi berlibur. Mengapa bisa terjadi? Biasanya infeksi saluran pernapasan terjadi ketika Anda sering melakukan kontak pada banyak orang, cuaca dingin, dan juga debu.

2. Diare
Penyakit ini bisa disebabkan oleh penggunaan fasilitas umum. Misalnya toilet umum, pegangan di angkutan umum atau kran air. Selain itu, makanan dan minuman yang terkontaminasi juga bisa menjadi penyebab lainnya. Sebagai solusi, bawalah sellau cairan pembersih tangan dan perhatian makanan yang akan disantap dengan seksama.

3. Infeksi saluran Kemih
Gangguan ini biasanya lebih banyak terjadi pada wanita, karena wanita memiliki uretra yang lebar, lurus dan pendek. Biasanya Infeksi saluran kemih terjadi karena kebiasaan sering menahan pipis atau fasilitas air yang kurang baik.

4. Penyakit Ketinggian
Penyakit ketinggian (altitudes sickness), biasanya disebabkan oleh udara yang kering, kurangnya oksigen dan tekanan barometrik yang rendah ketika seseorang sedang terbang atau berada tingkat tinggi. Akibatnya, masalah seperti sakit kepala, dehidrasi, atau sesak napas.

5. Diabetes
Saat liburan, banyak orang yang memutuskan untuk mengabaikan diet sehatnya dan mengonsumsi semua makanan khas. Hal ini berbahaya bagi orang dengan diabetes karena dapat mengalami peningkatan gula darah. Hal ini sangat mengkhawatirkan bila terjadi terus-menerus. Karena penyakit diabetes sangat rentan dengan komplikasi penyakit berbahaya.