KATAK TRANSPARAN HINGGA TERLIHAT ORGAN DALAMNYA


Mungkin kamu jarang ya melihat Katak yang Transparan hingga bisa melihat organ dalamnya langsung dari luar namun ada sebuah katak bernama katak gelas, sejenis katak berkulit dan berdaging transparan. Katak ini benar benar transparan hingga bagian organ dalamnya bisa dilihat dari luar, katak transparan ini ditemukan di hutan hujan Monteverde, Costa Rica dan fotonya berhasil diabadikan oleh seorang fotografer bernama Nic Reusens, 37.


Katak Transparan

Selama 20 hari Nic Reusens menghabiskan waktunya di hutan Monteverde ketika itu ia menemukan sebuah katak yang sangat unik yakni katak transparan sepertinya momen itu tidak mau dilewatkanya begitu saja dengan mengunakan kamera Canon 5D Mark III dan lensa makro Nic mengambil foto katak transparan ini.

Ia menggunakan teknik fotografi tertentu untuk menangkap efek alami dari katak kaca liar ini. Hasilnya adalah foto-foto menarik yang memperlihatkan organ-organ dalam si katak yang transparan itu, seperti jantung, hati maupun saluran pencernaan. Bahkan tulang-tulang kecilnyapun ikut terlihat.

“Katak transparan sering ditemukan di sepanjang sungai yang hampir tak mungkin bisa ditemui dalam waktu yang lama, apalagi mengumpulkan spesimen,” kata Nic.

Katak gelas atau katak transparan yang merupakan keluarga katak Centrolenidae ini pertama kali ditemukan pada 1872 di hutan Amerika Selatan. Ukuran katak ini bervariasi di kisaran 20 – 30 cm. Katak ini aktif pada malam hari dan sering berada di aliran sungai dalam masa pembuahan.