BANYAK TAHI LALAT PERPANJANG USIA


Wajah dihiasi tahi lalat (Foto: Google)

APAKAH Anda pemilik banyak tahi lalat? Kalau iya, jangan pernah malu apalagi berniat untuk menghilangkannya. Pasalnya, semakin banyak tahi lalat menandakan Anda berpotensi hidup lebih lama. 

Hal tersebut merupakan hasil penelitian dari para peneliti di King's College London yang memelajari lebih dari 900 pasang saudara kembar. Mereka menemukan kandidat yang memiliki tahi lalat berjumlah sekira 100 buah dan mereka memiliki umur lebih panjang enam tahun daripada yang memiliki tahi lalat lebih sedikit sekira 25 buah. 

Sebelumnya, memiliki banyak tahi lalat diteliti dapat menyebabkan peningkatan risiko kanker kulit setinggi 10 persen. Namun dalam penelitian terbaru ini melihat bahwa pada setiap tahi lalat yang terbentuk mengandung sel telomere.

Sel telomere ini terletak di setiap ujung sel DNA. Ibarat sel DNA adalah tali sepatu, maka sel telomere ini adalah plastik pada ujung tali sepatu yang berfungsi mengamankan tali sepatu agar tak cepat rusak. Jadi semakin banyak tahi lalat, semakin banyak pula telomere dan sel-sel DNA terlindungi dalam tubuh.

Masa hidup telomere akan semakin memendek seiring berjalannya waktu, sedangkan panjang dari sel telomere menunjukkan kecepatan di mana tubuh kita menua.

"Orang-orang yang memiliki banyak tahi lalat mendapatkan manfaat dari tingkat penurunan penuaan dan ini menunjukkan kemungkinan mereka terkena penyakit-penyakit akibat penuaan menurun," tutur dokter Veronique Bataille, konsultan dermatolog di Rumah Sakit Umum Hemel Hempstead, sebagaimana dilansir Dailymail, Kamis (2/2/2012).