5 PENYEBAB PERUT KEMBUNG


Penyebab Perut Kembung – Pernah mengalami perut kembung ? pastinya pernah ya perut kembung biasa memiliki gejala yang tidak enak di perut serasa perut penuh dan biasa akan sedikit rasa sakit selain itu biasa orang yang mengalami perut kembung sering bersendawa.


Perut Kembung

Perut kembung sendiri diakibatkan adanya gas yang terperangkap dalam perut, banyak faktor yang bisa membuat gas terperangkap dalam perut yang mengakibatkan perut menjadi kembung. Nah berikut ini ada beberapa penyebab perut kembung ingin tahu apa aja itu ? Simak 5 Penyebab Perut Kembung berikut ini.

1. Karbohidrat
Setelah makan, tentu ukuran perut menjadi lebih besar, padahal Anda hanya menikmati makanan porsi kecil. Kondisi seperti ini dikarenakan oleh konsumsi karbohidrat yang memang bisa menyebabkan perut menjadi kembung.

2. Sembelit
Beberapa orang mengeluh mengalami kembung dan nyeri pada perut. Namun kemudian kondisi itu mereda dengan sendirinya setelah buang air besar. Artinya, kembung seperti ini disebabkan oleh sembelit dan Anda perlu mengkonsumsi lebih banyak serat untuk mengatasinya.

3. Penyakit Celiac
Celiac merupakan penyakit yang membuat usus tidak mampu menyerap nutrisi makanan. Jika seseorang mengeluh kembung dalam waktu yang relatif lama dan kondisinya tidak juga mereda, bisa jadi seseorang itu terkena penyakit Celiac.

4. Dyspepsia
Kembung yang disertai rasa mual dan sendawa berlebihan, makan penyebab utamanya bisa jadi adalah dyspepsia atau (gangguan pencernaan). Dyspepsia merupakan penyakit yang menyerang usus dan mengindikasikan ketidaknormalan sistem pencernaan.

5. Kelebihan lemak
Terakhir, seseorang yang mengeluh kembung tanpa disertai sembelit, rasa tidak nyaman, artinya dia sebenarnya hanya kelebihan lemak di bagian perutnya. Biasanya pecandu alkohol paling sering menderita kondisi seperti ini.

Nah itulah beberapa penyebab perut kembung.