5 SMARTPHONE CANGGIH TAHUN 2013


Persaingan smartphone canggih masih berlanjut, bahkan perusahaan atau vendor smartphone sudah mempersiapkan beberapa gadget andalan mereka tahun depan.

Smartphone

Mulai dari Apple hingga HTC sudah mempersiapkan handset yang dibekali fitur lebih canggih hampir dapat dipastikan meluncur di tahun tersebut.

Berikut 5 smartphone canggih yang bakal dirilis tahun 2013 seperti yang dilansir dari detikinet.

1. Blackberry 10

Blackberry 10

RIM (Research In Motion) akan merilis sistem operasi BlackBerry 10 pada 30 Januari 2013 dan tentunya bakal disusul dengan handset dengan OS anyar tersebut.

RIM akan merilis handset touchscreen dengan codename London yang memiliki baterai 1.800 mAh, prosesor 1.5 GHz, 1 GB RAM, 16 GB storage, serta kamera 8 MP. Selain handset touchscreen, RIM juga akan merilis dalma bentuk handset QWERTY.

Selain itu Blackberry 10 ini juga diharapkan mampu mengembalikan pamor RIM dalam industri smartphone saat ini.

Selain itu juga bakal ada BlackBerry Flow yang memudahkan pengguna menavigasi seluruh open application dan BlackBerry Hub. Semua pesan, notifikasi, feed, dan kalendar acara masuk ke BlackBerry Hub dan pengguna bisa mengintip Hub setiap saat.

2. HTC Deluxe
HTC Deluxe
HTC yang baru saja merilis Droid DNA yang diklaim merupakan ponsel Android paling canggih dibanding lainnya, akan dirilis secara internasional pada awal tahun 2013 dengan nama HTC Deluxe.

HTC Deluxe memiliki layar 5 inch resolusi 1920x1080 pixel dengan 440 pixel per inch yang merupakan resolusi tertinggi dipasaran smartphone mengalahkan iPhone 5 maupun Galaxy S III.

Selain itu Droid DNA diklaim punya 25% pixel lebih banyak daripada smartphone umumnya yang berlayar HD. Selain itu HTC Deluxe memakai prosesor Krait quad core Snapdragon S4 1,5GHz, grafis Adreno 320 dan RAM 2GB.

3. Samsung Galaxy IV
Samsung Galaxy IV
Untuk tahun depan Samsung akan merilis versi terbaru dari Galaxy S yaitu Galaxy S IV. Samsung Galaxy IV memakai teknologi layar Amoled full HD dengan resolusi 1920 x 1080 pixel yang menampilkan gambar yang sangat jernih,.

Kabarnya, smartphone ini akan dipasang prosesor Cortex-A15 dan Cortex-A7 yang semua memiliki 4 core di dalamnya. Kedua prosesor ini akan digabungkan menjadi satu chip atau yang biasa disebut dengan istilah SoC.

Meski digabung dalam satu chip, kedua prosesor yang disematkan sebenarnya bekerja sendiri-sendiri sehingga belum dapat disebut sebagai prosesor 8 core.

4. Sony Yuga

Sony Yuga

Sony tertarik merilis gadget sebagai pesaing iPhone 5 dan Samsung Galaxy S3 yang bernama Sony Yuga.

"Dalam waktu dekat, kami akan menyelesaikan model flagship yang akan mampu berkompetisi dengan iPhone dan Galaxy S III," kata Dennis van Schie, Head of Sales and Marketing Sony Mobile seperti yang dilansir dari detikinet.

Sony C660X 'Yuga' ini kabarnya memiliki prosesor quad-core Krait, menggunakan layar ukuran 5 inch yang mendukung resolusi 1080p, dan memiliki kamera 13 megapixel.

5. iPhone 55
iPhone 55

iPhone 5 masih baru saja dirilis, namun Apple dikabarkan tengah menggarap versi terbaru iPhone atau iPhone 5S.

Koran China lokal Commercial Times menyebutkan bahwa mitra produksi Apple di Asia sudah mulai memproduksi iPhone 5S dan siap dipasarkan mulai kuartal I 2013.

Sama seperti sebelumnya Iphone 4S atau 3GS, Apple akan memberikan perubaahan software untuk fitur yang lebih baik.

Dikabarkan iPhone 5S akan memiliki fitur NFC dan prosesor berkekuatan quad core.