6 MAKANAN BERSERAT TINGGI


Makanan Berserat memang baik untuk kesehatan salah satu fungsinya untuk kesehatan adalah untuk melancarkan pencernaan sehingga kita wajib mengkonsumsi makanan berserat tinggi jika ingin pencernaan sehat.

Kentang

Selain untuk melancarkan pencernaan makanan berserat tinggi juga bisa mencegah penyakit jantung, diabetes, dan kanker usus besar. Nah berikut ini ada beberapa makanan berserat tinggi yang sehat ingin tahu makanan apa aja itu ? Simak 5 Makanan Berserat Tinggi berikut ini.

1. Alpukat
Alpukat terkenal sebagai buah yang mengandung lemak tak jenuh yang dibutuhkan tubuh. Namun ternyata alpukat juga mengandung serat tinggi yang menyehatkan. Selain itu, rasa alpukat juga lezat, jadi jangan ragu untuk mengkonsumsinya setiap hari.

2. Labu
Suka makan labu? Kabar baik bagi Anda yang gemar mengkonsumsinya. Pasalnya labu juga merupakan salah satu makanan yang berserat tinggi dan mampu melancarkan pencernaan Anda.

3. Pasta
Jika ingin mengkonsumsi pasta,sebaiknya pilih yang berbahan dasar gandum murni. Sebab pasta gandum mengandung serat tinggi. Jika disajikan dengan brokoli, Anda bahkan bisa mendapatkan asupan serat yang lebih banyak lagi dari sayuran hijau tersebut.

4. Kentang kukus
Kentang biasanya menjadi makanan yang dianjurkan bagi orang-orang yang sedang berdiet. Saran tersebut memang tidak salah. Sebab kentang, terutama yang dikukus, mengandung serat tinggi. Hal serupa juga berlaku pada umbi-umbian ketela rambat atau ubi jalar.

5. Artichoke
Sayuran yang satu ini mungkin masih asing di telinga Anda. Artichoke punya batang yang kuat dan bercabang yang berwarna hijau. Serat dalam artichoke juga cukup tinggi sehingga banyak orang mengkonsumsinya demi tujuan menurunkan berat badan.

6. Selai almond
Selai dari kacang almond juga mungkin masih jarang ditemukan. Tetapi jika Anda menemukannya di supermarket, jangan ragu untuk membeli dan mengkonsumsinya. Sebab selai kacang almond pun mengandung banyak serat yang dibutuhkan oleh tubuh.