CERITA DUKA SAIPUL JAMIL DI TOL CIPULARANG






Saipul Jamil & Virginia
 
JAKARTA - Beragam cerita telah dilalui di 2011, cerita duka, perceraian, pernikahan, kelahiran, perselisihan, menghiasi dunia hiburan Tanah Air. Cerita bahagia yang berakhir menjadi cerita duka, dialami Saipul Jamil pada tahun ini.

Setelah berpisah dengan Dewi Persik, pedangdut Saipul Jamil (Ipul) memutuskan menikah dengan wanita asal Bandung, Virginia Anggraeni, pada 12 Maret 2011. Setelah menikah, keduanya semakin kompak dan mesra. Tapi perjalanan rumah tangga mereka menemukan jalan terjal.

Pasalnya, wanita yang akrab disapa Egi mengalami keguguran di usia kehamilan yang sangat muda. Saat itu, Ipul mengatakan, bahwa penyebab istrinya keguguran karena hubungan seks yang dilakukannya secara berlebihan.

Meski telah mendapat cobaan yang berat, tapi Ipul dan Egi tidak ingin terus berlarut-larut dalam kesedihan. Keduanya berusaha mengambil hikmah dari cobaan yang dialami.

Memasuki enam bulan pernikahan, tepatnya pada 3 September 2011, petaka kembali dialami Saipul dan Egi. Usai berlebaran ke kampung halaman Egi di Cimahi, Bandung, Jawa Barat dan hendak menuju Banten, tiba-tiba mobil yang ditumpangi Ipul dan istrinya mengalami kecelakaan di KM 97 Tol Cipularang sekira pukul 10.00 WIB.

Mobil Toyota Avanza bernopol B 1843 UFU yang dikendarai Ipul, awalnya disalip bus besar sehingga 'angin' bus tersebut membuat mobil oleng, hingga akhirnya menabrak pembatas jalan, dan terguling sebanyak tiga kali.

Selain Ipul dan Egi, di dalam mobil juga terdapat delapan penumpang lainnya. Sayangnya, dalam kecelakaan maut tersebut nyawa Egi tak dapat tertolong, hingga dia pun tewas di tempat. Sedangkan Saipul dan empat penumpang lainnya mengalami luka-luka dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

Menurut Kepala Humas Jasa Marga Purbaleunyi, Iwan Mulyawan, diduga kecelakaan terjadi lantaran kondisi Saipul yang mengantuk saat mengemudi.

Pada pukul 16.45 WIB akhirnya jenazah Egi dikebumikan di TPU Baros, Jalan Haji Aris Kampung Baros, Cimahi, Jawa Barat. Sebelum dimakamkan, Saipul sempat mengumandangkan azan untuk jenazah Egi.

Dalam prosesi pemakaman, Saipul berusaha untuk tegar meski wajah dan matanya merah. Saat jenazah dimakamkan, Saipul tampil sebagai muadzin. Almarhumah tewas dalam usia terbilang cukup muda, 21 tahun. Egi adalah anak ketiga dari tiga bersaudara dan putri pasangan Rudy Hardianto Van Dapperren dan Atty Sudiati.

Tak habis sampai di situ. Setelah ditinggal istri tercinta, mantan personel G4UL itu justru dituduh sebagai tersangka. Saipul dinyatakan bersalah lantaran telah ceroboh berkendara, yang mengakibatkan hilangnya nyawa seseorang.

Di Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta, Saipul menjalani pemeriksaan selama lima jam, sebagai saksi. Dalam pemeriksaan itu, Saipul diberondong 36 pertanyaan oleh tim penyidik.

Tak berbeda dengan Polres Purwakarta, Mabes Polri pun menilai Saipul bersalah. Menurut Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Anton Bachrul Alam, Saipul telah melanggar Undang-Undang Lalu Lintas Nomor 22 tahun 2009 pasal 310 ancaman hukumannya ada di pasal 306 ayat 1 dan 2.

Dalam pasal tersebut dijelaskan, jika ditemukan kelalaian yang menyebabkan hilangnya nyawa orang lain dalam berkendara, dapat terancam hukuman enam tahun penjara.

Setelah ditetapkan sebagai tersangka, justru membuat masyarakat banyak yang membela Saipul. Bahkan hampir seluruh pengacara se-Indonesia siap membela Saipul. Mereka menganggap Saipul tidak bersalah, karena kecelakaan itu memang musibah yang tak bisa dihindari.

Masalah nampaknya masih terus menggelayuti bekas suami Dewi Persik itu. Setelah hidup menduda, Saipul sempat dikabarkan telah menguasai semua warisan milik mendiang istrinya, salah satunya uang asuransi. Namun Saipul langsung membantah kabar miring tersebut.

Belum juga hilang kesedihan ditinggal istri meninggal, Saipul kembali harus menghadapi masalah baru. Produser film KK Dheeraj, berencana mengangkat film tragedi kecelakaan mobil yang menimpanya di Tol Cipularang, Bandung.

Film yang memicu masalah itu berjudul Arwah Kuntilanak Duyung. Namun, dalam alat promosi yang dibuat ditambahkan KM97, tempat istri Saipul tewas kecelakaan. Padahal, cerita film tidak mengangkat tentang kecelakaan maut itu.

Beredar kabar jika tragedi kecelakaan maut yang merenggut nyawa istrinya itu sengaja dijual Saipul kepada produser. Mendengar kabar tersebut membuat Saipul kecewa kepada KK Dheeraj.

Saipul menganggap produser asal India itu sengaja memanfaatkan kematian istrinya, Virginia Anggraeni untuk mendongkrak film yang diperankan oleh dirinya sendiri. Selain itu, Saipul juga harus beradu peran dengan mantan istri, Dewi Persik. Film horor tersebut beredar pada bulan Desember 2011.

Meski awalnya sempat tidak setuju dengan beredarnya film tersebut, tapi Saipul berdalih bahwa syuting film itu sudah dilaksanakan sejak mendiang istrinya masih hidup, tepatnya sebelum Ramadan 2011 lalu.
 
[Sumber: Okezone]