GOL ROONEY KALAHKAN MESSI DAN RONALDO



Gol Salto Wayne Rooney

MADRID – Gol cantik yang dilakukan pemain Manchester United, Wayne Rooney, ke gawang Manchester City pada musim lalu ternyata meraih penghargaan di negara Spanyol. Dalam sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh media asal Spanyol, Marca, gol salto Rooney terpilih menjadi gol terbaik di tahun 2011.

Saat itu Rooney mencetak golnya ke gawang City sembari melakukan salto dan bola meluncur mulus masuk ke sudut kiri gawang City. Secara mengejutkan golnya tersebut berhasil mengalahkan beberapa gol cantik lainnya yang dibuat oleh Lionel Messi maupun Cristiano Ronaldo.

Gol cantiknya tersebut diciptakan oleh Rooney pada tanggal 12 Februari 2011. Pada laga tersebut ia mendapatkan umpan silang dari Nani lewat sektor kanan dan Rooney langsung menembak bola tersebut sambil melakukan tendangan salto hingga membuat kiper Joe Hart membisu menyaksikan bolanya sukses menjebol gawangnya.

Selain penghargaan dari Marca, sebelumnya gol tersebut juga sudah diakui oleh Federasi Sepakbola Dunia (FIFA). Aksi Rooney tersebut masuk ke dalam tiga besar peraih Puskas Award 2011 atau gol terbaik dunia tahun 2011 versi FIFA.

FIFA sendiri akan mengumumkan beberapa gol terbaik pada 9 Januari 2012 di Zurich, bersama dengan acara penghargaan FIFA Ballon d’Or 2011. Rooney mendapatkan saingan dari aksi Messi dan Neymar Da Silva dalam merebut Puskas Award ini.