TAHUN 2012, MAKIN BANYAK RAKYAT AMERIKA JATUH MISKIN



KEMISKINAN di Amerika Serikat melonjak tajam sejak di tahun 2012 ini. Bahkan ini adalah yang terburuk sejak setengah abad yang lalu.

Menurut survei yang dilakukan oleh The Associated Press, kemiskinan di Amerika mencapai angka yang tertinggi dalam kurun waktu 46 tahun belakangan ini. Indikasinya terlihat jelas yaitu dengan banyaknya keluarga yang tinggal di pinggiran kota, dan juga pengangguran, demikian laporan media itu pada Ahad (22/7/2012) kemarin.

Sensus ini didasarkan pada lebih dari selusin ahli ekonom dan akademisi di Amerika Serikat. Angka-angka ini muncul beberapa minggu menjelang pemilihan presiden November mendatang.

ata juga menunjukkan bahwa tingkat kemiskinan resmi bisa mencapai 15,7 persen pada 2011, yang mencerminkan kenaikan enam persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Saya enggan mengatakan bahwa kami sekarang kembali ke masa di tahun 1960,” kata Peter Edelman, direktur Georgetown Center on Poverty, Inequality, and Public Policy.

“Program yang kami jalankan membuat perbedaan besar. Masalahnya adalah bahwa gelombang pasang surut upah pekerjaan yang rendah menyeret kita dan masalah upah ini tidak akan selesai dalam waktu dekat,” tambahnya.

Survei tersebut juga menunjukkan bahwa jumlah orang Amerika yang mengandalkan kupon makanan juga semakin banyak saja.