6 CARA CERDAS JAGA KESEHATAN MATA


Makan Sayuran 

MATA adalah jendela hati. Demikian kata pepatah, namun sayangnya banyak dari kita yang tak sadar telah mengabaikan kesehatannya. 

Memeriksakan kondisi kesehatan mata secara teratur adalah penting adanya. Apalagi bagi yang telah berusia 65 tahun ke atas. Mereka setidaknya harus melakukan pengecekan setahun sekali.

Dokter Anda akan merekomendasikan lebih awal dan melakukan tes lebih sering jika Anda memiliki diabetes atau jika Anda sudah menunjukkan tanda-tanda awal masalah mata dari diabetes, tekanan darah tinggi, atau penyebab lainnya.

Berikut enam langkah-langkah penting yang dapat membantu mencegah masalah kesehatan mata, sebagaimana dilansir Healthyway.

Memakai kacamata pelindung

Anda ingin melindungi mata Anda dari sinar matahari seperti melindungi kulit Anda dari sinar matahari dengan SPF dan perlindungan UV. Sinar matahari mengandung zat-zat jahat tidak hanya pada kulit, tapi juga mata yang dapat menyebabkan katarak dan degenerasi makula dari waktu ke waktu jika mereka tidak dilindungi dengan kacamata hitam. Hal ini karena sinar UV dari matahari menembus retina menyebabkan kerusakan mata. Ketika memilih kacamata pelindung, pilih yang memiliki 99 persen atau 100 persen perlindungan UV.

Jangan merokok

Anda mungkin akrab dengan pengetahuan bahwa merokok dapat menyebabkan kerusakan pada organ internal. Namun, ada juga hubungan langsung antara merokok dan masalah mata. Jika Anda seorang perokok, Anda meningkatkan risiko pengembangan sejumlah penyakit mata seperti katarak, degenerasi makula, sindrom mata kering, kerusakan saraf optik, dan retinotherapy diabetes.

Batasi konsumsi alkohol

Jika Anda suka meminum segelas anggur sesekali atau koktail kemungkinan besar tidak membahayakan mata Anda, tapi jika Anda terlalu sering meminumnya secara berlebihan untuk waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan mata. Penyalahgunaan alkohol dapat menyebabkan degenerasi saraf optik, yang dapat mengakibatkan pengurangan visi, bintik-bintik buta, dan visibilitas warna berkurang. Jangka pendeknya, konsumsi alkohol dapat memicu migrain, yang menyebabkan beberapa orang mengalami mata berkunang.

Jaga tekanan darah dan kolesterol

Jika tekanan darah tinggi (hipertensi) tidak diobati dapat memengaruhi penglihatan dan menyebabkan retinotherapy hipertensi. Retinotherapy hipertensi secara langsung disebabkan oleh hipertensi. Penting pula untuk selalu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyakit mata vaskular.

Jika diabetes, kontrol asupan gula

Pemantauan glukosa darah yang berkepanjangan yang tidak memadai dapat menyebabkan retinotherapy diabetes. Retinotherapy diabetes adalah hasil dari kerusakan pada lapisan paling dalam dari mata, retina. Komplikasi mata lain yang berhubungan dengan diabetes termasuk kebutaan, erosi kornea, katarak, penglihatan ganda, dan pendarahan.

Konsumsi makanan kaya antioksidan

Konsumsi makanan kaya akan antioksidan, seperti sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan sawi tidak hanya akan sangat baik untuk kesehatan mata, tetapi juga kesehatan secara keseluruhan.

Antioksidan adalah vitamin yang melindungi dan memperbaiki sel-sel dari kerusakan seperti infeksi sehingga menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat. Pilih buah yang berwarna-warni karena banyak mengandung antioksidan. Yang bisa Anda pilih seperti keluarga berri (stroberri, blueberry), buah plum, tomat, wortel, apel, anggur, dan lainnya.