PULAU MUTIARA DI QATAR


Foto: The Pearl Qatar/designboom, callison

DOHA - Sebagai bentuk realisasi dari master-plan pulau impian di sepanjang pantai Doha, Qatar. Pulau yang diberi nama The Pearl atau Mutiara ini dirancang oleh sebuah lembaga arsitektur Callison, seluas 1.000 hektare (ha) di kawasan Arabian Gulf yang tidak jauh dari pusat kota. 

Proyek yang memakan hampir satu miliar dolar Amerika Serikat ini diperkirakan dalm beberapa tahun ke depan akan dihuni sekitar 30 ribu orang. Demikian seperti dilansir Design Boom, Selasa (24/1/2012).

Proyek real estat terbesar Qatar ini dikembangkan oleh United Development Company (UDC), tak pelak mendatangkan impact sangat positif bagi perekonomian Qatar, banyak calon investor asing yang tertarik untuk menanamkan modal di proyek bergengsi ini. 

The Pearl nantinya akan diisi 10 distrik elit, termasuk villa, townhouse, apartemen mewah, hotel bintang lima, sarana rekreasi pantai, retail (pusat perbelanjaan), dan restoran internasional. 

Desainnya sendiri menggabungkan gaya khas arabian Qatar dengan rumah khas Skandinavia, dilengkapi dengan desain kanal air ala Venice, Italia. Rancangan yang sangat apik dalam menyatukan daratan dan lautan ini menjadi cerminan cantik The Pearl sehingga lebih banyak menarik investor asing dari barat.